Apa itu Search Engine Optimization | SEO

Search Engine Optimization atau yang lebih familiar disebut SEO adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik dari mesin pencari menuju alamat situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja alami algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan spesifik SEO adalah menempatkan suatu alamat situs web pada posisi teratas (atau setidaknya pada halaman pertama) hasil pencarian berdasarkan subyek tertentu.(Wikipedia.org)

SEO itu sendiri apabila di Indonesiakan menjadi Optimasi mesin pencari. Kenapa harus dioptimalkan? Wah, pertanyaan pancingan nih...

Kalau kamu memiliki sebuah blog, tentu kamu ingin agar blog tersebut dikenal orang. Kemudian orang suka dengan blog kamu dan orang akan rindu dengan ulasan-ulasannya. Ini merupakan jalan pembuka yang mengarahkan kamu ke SEO.

Ibarat dalam suatu koloni pasar, "kamu adalah penjual". Seorang penjual sudah barang tentu membutuhkan pembeli dan pembeli akan datang jika ia kenal "apa yang kamu jual". Apabila jualan kamu enak dipandang, dicium, dirasa, serta ditawarkan dengan harga yang kompetitif (bersaing), langkah selanjutnya pembeli akan suka dan ikhlas menjadi langganan kamu. Kabarnya tidak hanya sampai di situ. Ia akan mempromosikan jualan kamu kepada pembeli lain, sehingga pembeli yang lain itu akan mengikuti langkah pembeli awalnya. Begitu seterusnya sampai terbentuk menyerupai jaring laba-laba (spider). Kamu pun tidak lupa untuk menambah dan meningkatkan cita rasa yang berkesesuaian dengan jualan kamu. Seandainya mereka semua sudah suka dengan jualan kamu, coba bayangkan jika kamu tidak nongol 2 atau 3 hari?

Illustrasi di atas merupakan gambaran yang jelas mengenai betapa pentingnya sebuah SEO. Secara alami sebuah blog memiliki hak yang sama untuk di deteksi oleh search engine atau mesin pencari, namun blog juga harus tahu kewajibannya untuk memberikan layanan (service) yang baik ke search engine. Jangan mentang-mentang haknya terpenuhi lalu mengisi bermacam-macam keyword yang tidak sesuai dengan konten di dalamnya. Kalau si search engine marah, minimal blog kamu kena "warning" bahkan kalau saking parahnya bisa-bisa sampai dibanned atau dibekukan lho. Wah...amit-amit.

Berdasarkan uraian diatas kita dapat mengambil benang merahnya, bahwa SEO blog merupakan cara-cara agar blog terdeteksi dan menempati peringkat teratas dalam daftar pencarian oleh mesin pencari yang bertujuan untuk meningkatkan trafik ke blog itu sendiri. Semakin tinggi trafik, maka akan semakin besar pula peluang ranking yang didapat oleh blog kamu. Sedangkan peringkat dalam daftar pencarian didasarkan kepada kesesuaian antara title (judul), keyword (kata kunci), dan konten (isi) blog.

Jangan lupa! Orang tidak akan kenal dengan blogmu, jika kamu tidak memperkenalkannya.

22 komentar untuk “Apa itu Search Engine Optimization | SEO”

  1. Kadang ada yang ngeblog cuma buat iseng aja.. gimana caranya dari iseng bisa ngasilin fulus???? kan manfaatnya ada. tul gak bang OB???

    BalasHapus
  2. to nasrullah : betul, nas. asal ingat ama waktu aja ... :X

    BalasHapus
  3. truzs cara nya biar terkenal di seo gimana????~x

    BalasHapus
  4. to macam-macam: cukup banyak postingan mengenai tips seo disini dan maksimalkan jumlah postingan diblog kamu, minimal 10 posting. Thanks

    BalasHapus
  5. salut buat dengan berbagi ilmunya...aku suka ada link cara pasang gtu jadi kita bisa langsung aplikasikan kalo ada tamplan yg menarik

    BalasHapus
  6. bagi tmen2 yg punya blog,jangan dianggurin donkz blognya, BACA
    DISINI

    Kalo mw blog km jdi MESIN UANG OTOMATIS

    BalasHapus
  7. Emang SEO menggemaskan, dipoles, dioptimasi biar tambah ;;)

    BalasHapus
  8. kirain aku SEO itu yang anget-anget ijo itu, hehe...

    BalasHapus
  9. Thanks infonya mas. Masukan dong buat blog saya www.comhp.blogspot.com. Thanks

    BalasHapus
  10. mantabs kang
    ayo jaya blogger Indonesia
    http://internet-silaturahmi.blogspot.com/

    BalasHapus
  11. mas tolong cara menampilkan blog gue ke google.!!!
    tolong ya please!!!!

    BalasHapus
  12. owh jadu gitu ya,, thanks dech atas infonya sangat bermanfaat sekali,,,

    BalasHapus
  13. Wahh sipp dech,, jadi tambah pengetahuan sekarang...

    BalasHapus
  14. ilmu yang sangat bermanfaat seklai nich, kbetulan saya baru mau belajar SEO dasar,,,
    thanks ya

    BalasHapus
  15. makasih y atas informasinya...
    d tunggu kunjungan baliknya,,hehe

    BalasHapus
  16. ohhh ngerti sekarang.. awalnya saya sempet bingung tentang SEO, trus manfaatnya apa..
    kunjungan saya ke sini bermanfaat bgt bwat nambah pengetahuan. mksii gan !!

    BalasHapus
  17. postingsnnys bgus mas.
    singkat dan langsung ngerti. mksih ya

    BalasHapus
  18. good post...
    lumayan buat nambah pengetahuan....
    heheh

    BalasHapus