Ada Apa dengan "DoFollow"?

Blog saya "DoFollow" lho! Kalau saya "NoFollow"! Mungkin kedua istilah tersebut sudah tidak asing lagi bagi para blog mania. Banyak pro dan kontra mengenai kedua istilah tersebut. OB tidak akan berbicara mengenai siapa yang pro dan siapa yang kontra. Coba cari saja di search engine mengenai DoFollow dan NoFollow, banyak sekali postingan yang membuka wacana tentang hal tersebut. Namun postingan ini terlahir secara naluriah berdasarkan komentar yang masuk dan mungkin yang akan masuk tentang "mengapa optimasi-blog "DoFollow"?

Optimasi-Blog yang "DoFollow" dimaksudkan untuk berbagi backlink dengan para pengunjung sebagai rasa penghargaan atas semua komentar yang diberikan dalam postingan. Jadi setiap pengunjung yang berkomentar secara otomatis akan meninggalkan linkback untuk sedianya diindeks oleh mesin pencari. Semakin banyak kamu berkomentar (dengan memasukkan link tertentu) dalam blog "DoFollow", maka semakin besar peluang blog kamu untuk terindeks oleh mesin pencari. Pasti kamu sering mendengar para blog mania berburu blog yang ber-PR tinggi untuk sekedar mendapatkan backlink. Hmm... naga-naganya OB mau promosi "agar kamu sering berkomentar di blog ini".

Kalau begitu bagus "DoFollow" dong? Tergantung nafsi-nafsi yang menilai dan agar lebih tidak berat sebelah "DoFollow" ada kekurangannya juga. Apa-apa aja tuh? Begini ceritanya, pada dasarnya setiap blog (blogger, wordpress, dan lain-lain) menganut "NoFollow" dalam post untuk komentar. Hal ini tidak lain dan tidak bukan diperuntukkan agar mengeliminasi bertebarannya "SPAM". "SPAM" dalam komentar tersebut berupa link-link yang dimasukkan oleh komentator dan tidak/kurang berhubungan dengan isi posting serta isi komentar. Contoh :

Fulan bin fulan said ...
nice posting, bro. Kunjungi juga :
<a href="http://…">Mencari uang gratis</a>, <a href="http://…">Makan ngga makan asal ngumpul</a>;

Kalau "DoFollow" sudah jelas komen-komen seperti di atas akan diindeks oleh search engine (apa ngga berabe tuh). Imbasnya yang lain, peringkat blog kamu akan lambat naik. Bahkan jika blog kamu dianggap search engine sebagai penebar "SPAM", maka bersiap-siaplah untuk di "BANNED" (ampun kk).

Sekedar berbagi dengan para pengunjung yang berkomentar dalam blog "DoFollow" :

  1. Link kamu cukup diletakkan satu saja, yaitu pada saat memasukkan identitas "beri komentar sebagai".
  2. Untuk lebih optimal, identitas "beri komentar sebagai" dipilih "Name/URL". Kalau bisa yang berhubungan dengan isi posting (link yang berkualitas), minimal kamu masukkan nama dan alamat blog kamu.
  3. Paling penting "jangan meninggalkan SPAM". Masa sudah diberi linkback gratis dibalas dengan "sampah".

Ngomong-ngomong, kamu pernah ngga membayangkan "jika blog-blog DoFollow punah"; "tidak ada link yang men-support blog kamu"; "tidak ada backlink gratis"; etc. Namun OB yakin yang berkomentar di blog ini (DoFollow yang OB jalani sampai sekarang) sudah pada tahu dan mengerti, sehingga kita akan sama-sama meneriakkan "NO SPAM TO MY COMMENTS".

Nah, kamu sudah tahukan? profit dan resikonya bagi blog yang menganut "DoFollow". Akhirnya pilihan ada di tangan kamu pribadi...

Update

Optimasi Blog sudah “tidak dofollow” lagi.

67 komentar untuk “Ada Apa dengan "DoFollow"?”

  1. hehehe.. ogut juga sempet dofollow malah tiap postingan baru setengahnya masuk sandbox, belum di google jadi banyak boncengan gitu dari blog2 lain. nofollow dan backlink standard lebih baik.

    BalasHapus
  2. jadi kesimpulannya anda membantu search engine untuk melakukan banned dong...!

    bagi saya nofollow aja..standar aja..biar bagaimanapun aksi spam adalah prilaku yang buruk :D

    FIK
    http://fik-entry.blogspot.com

    BalasHapus
  3. @Anonim OB tidak membantu search engine untuk mem-BANNED blog OB sendiri. Selama isi komentar legal dan tidak mengandung SPAM. Alhamdulillah sampai sekarang blog ini masih eksis. :D

    BalasHapus
  4. ,eh gua tak comment trus nih di OB ! akawkawkawk

    @ OB : Visit Blog gua jga ! thnks !

    BalasHapus
  5. Bagi pebisnis link seperti Paid Review & Jual Link, bisa kebingungan jadinya mas jika blog dofollow tidak ada. Hehehe

    BalasHapus
  6. Iya sih, masa udah dikasih backlink malah nyepam gila-gilaan, kalo di blog saya sih gapapa gak make nama asli yang penting mutu komentarnya.

    "Apalah arti dari sebuah nama?"

    -Shakespeare

    BalasHapus
  7. sukses selalu dech kak..

    BalasHapus
  8. ooh ternyata itu toh fungsi do folow..
    dari kemarin cari2 artikel tentang do folow masih ga ngeh gw..

    jadi kalo pake do folow kita bisa tau dimana aja baiknya kita ninggalin backlink gitu ya???

    masih newbie gw kurang paham..

    BalasHapus
  9. Blog saya masih nofollow aku robah jadi dofollow tapi belum tau caranya, gimana ya mas?

    BalasHapus
  10. @Donnie : Betul, kk. Biasanya klo yang namanya blog do-follow berarti komentar ikut do-follow juga. Sama kk, OB juga masih belajar...

    @ak4ris : Sudah ada triknya, kk. Coba cari di earch (kanan atas) blog ini tentang "do follow".

    BalasHapus
  11. yang di maksut dofollow itu apa sih...........

    BalasHapus
  12. pusing saya lihat komentar mereka.........padahal blog ini selalu saya pake dan selalu menjadi pandoan dalam saya berkaria...........

    BalasHapus
  13. itu maksutnya biar apa boss...

    BalasHapus
  14. like this :)
    infonya bgs :D
    nambah ilmu ni :)

    BalasHapus
  15. kalo pengunjung ninggalin link2 (nge-SPAM) di chatbox ngaruh juga gak, OB? thnx.

    BalasHapus
  16. @Anonim Menurut hemat OB hal tersebut tidak berpengaruh terhadap peringkat blog, karena biasanya chat via chatbox (pihak ke-3) akan menyimpan pada database-nya sendiri. Jadi chatbox dapat berguna untuk chat antar pengunjung dan/atau dengan owner blog serta sebagai ajang promosi.

    BalasHapus
  17. jadi ketika kita meninggalkan komentar di chatbox atau yg lain itu membuat backlink jg gak om OB?
    maaf saya masih newbe... mohon penjelasannya

    BalasHapus
  18. @mr_suep Sepengetahuan OB khusus chatbox (pihak ke-3), link yang ditinggalkan tidak akan meninggalkan backlink terhadap blog yang bersangkutan.

    BalasHapus
  19. hmmm gitu ya...
    info bagus nih, kunjung balik ya
    http://data-entryku.blogspot.com/

    BalasHapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  21. @Nikon S210-> ttanpa nama...? mau di panggil apa kalian nnti?
    Sebuah nama= sebuah cerita...

    BalasHapus
  22. kalo saya belum berani ubah kayak gitu kalo saya cuma tukar link aja udah bagus apa lagi blog saya PR ya 0 hehehhee

    tapi ane dulu pernah cobah kayak gitu tapi tetap aja gak mau knp ya?

    BalasHapus
  23. Kalo q mah tiap mw komentar dibaca dulu, takutnya comment nya ga' nyambung ama isi artikel kan malu"in banget... No Spam to MY Comment... hehehe

    BalasHapus
  24. Fair aja yah kalo ngoment, abis terlalu cepat mateng, eh...ke banned tu ama google, cape deh.kasian jg ama pemilik blog, kalo sampe ikutan kena getah kebiasaan gak cool, trims rud udah bagi wawasan, salam kenal dari pengunjung baru :-)

    BalasHapus
  25. saya jadi tahu tentang kelebihan dan kekurang dofollow sama nofollow,

    BalasHapus
  26. aq uda komen di site dofollow dngan baik & benar (kyk ulangan aj..), tp kok rank q ga naek2 ya.....

    BalasHapus
  27. Sangat Inspiratif dan memberi motivasi bagi saya agar lebih bersemangat untuk berkarya. Makasi yah mas info artikelnya, sngat brmanfaat skali bagi sya scara pribadi :)

    BalasHapus
  28. Oke artikelnya mas...so moga bisa saling membantu ya mas..thanks berat

    BalasHapus
  29. oh gt yah mas . kt nya klo comment nya lbh dri 100 bisa di ban ? bnr ga tuh mas ?

    BalasHapus
  30. sebenrnya sih masih belum ngerti :p

    BalasHapus
  31. Newbie nih. Pengen coba deh trik ini. Tapi gimana cara stting website kita menjadi DO or NO ?

    BalasHapus
  32. Sebenarnya ga usah terlalu merisaukan tentang status blog kita. Karena yang terpenting adalah bagaimana kita dapat menikmati kegiatan ngeblog kita itu sebagai sesuatu hal yang menyenangkan.
    Setuju ?

    BalasHapus
  33. oh begitu toh baru tahu ane arti dari nofollow dan dofollow maksih ya sharingnya

    BalasHapus
  34. maaf kakak,.
    ane tadinya suka ky gitu,.trnyata itu termasuk spam y,.
    kalau pakai name itu udah ninggalin jejak trnyata y?
    thanks info ny

    BalasHapus
  35. saya cek blog ini udah bukan blog dofollow. Saran untuk para blog dofollow agar pagerank blognya tidak turun yaitu : 1) rutin komentar diblog dolollow lainnya. 2) rutin mengupdate artikelnya secara rutin. 3) aktif update artikel blognya di social media seperti lintasberita.com, infogue.com dan lain-lain.

    BalasHapus
  36. jdi blog standarnya nofollow !11 wah.... g tau tu!!11

    BalasHapus
  37. terima kasih atas tips and trick nya
    www.cellphoneshopreviews.blogspot.com

    BalasHapus
  38. Wah berarti banyak keuntungan yg kita depet :D
    kalau kasih komeng di blog yang nofollow ya bang :D

    sekalian follow ahk :D

    BalasHapus
  39. Kalau saya memang masih menganut faham blog dofollow, karena bisa buat menurunkan nilai alexa yang terlalu gendut, jadi perbanyak ninggalin komentar tentunya yang bermutu bukan nyepam, di blog-blog dofollow dan sabar tunggu saatnya alexa para blogger jadi semakin ramping.

    BalasHapus
  40. wah baru tau saya....thx infonya...berguna banget buat yang baru belajaran ngeblog

    BalasHapus
  41. Mantap gan .. nice info
    Tapi ane masih bingung yg dimaksud DoFollow tuh yg gmn sih ?? apa yg udah pake domain berbayar ??

    BalasHapus
  42. ooohh gt yah...
    tenkyu ya gan peringatan'a...

    BalasHapus
  43. kalau cara mengetahui bahwa suatu blog itu dofollow atau bukan gmana caranya bang ?

    BalasHapus
  44. mantap donk, bisa numpang pasang link di sini... hihi...

    BalasHapus
  45. makasi banyak informasiX....

    sangat2 membantu

    BalasHapus
  46. sip lah,,, salam kenal,,

    BalasHapus
  47. Saya masih gak faham...kalo sama-sama blogspot berrati nofollow semua ya

    BalasHapus
  48. blog ini mantep amat gimana buatnya ya?

    BalasHapus
  49. saya jadi tahu tentang blog dofollow
    maklum newbie
    terima kasih

    BalasHapus
  50. thx ob wat pencerahannya...
    teruslah teriakkan "NO SPAM TO MY COMMENTS". :)

    BalasHapus
  51. Wah.. wah... banyak juga yang dah pada comment...,(sambil manggut-manggut...karena susah ngerti juga).
    dofollow ato nofollow yang penting perlu comment ya comment,gak perlu ya nggak usah comment.

    BalasHapus
  52. gara gara ane bikin dofollow blog ane dulu juga sempet dicabut PRnya ama google, tapi sekarang udah balik lagi, naik jadi 2. hehe.....

    BalasHapus
  53. kayaknya untuk urusan beginian emang rada repot deh.. kedua-2 nya punya keuntungan dan kerugian.. hmmm.. jadi bingung neh gan... hiks

    BalasHapus
  54. trimakasih gan infonya http://reverendum.blogspot.com/

    BalasHapus
  55. Blogku jg br j diubah jd dofollow. Tp agak ragu jg. Tkt pagerank jd susah meningkat. Klo utk komentar, kuberi format moderasi, jd utk komen spam g akan kuterbitkan. Hehe...

    Admin. Berkunjung jg y, ke blogku... Blog ini blog milik bersama tmn2. href="http://myartdimension.blogspot.com">Art Dimension

    BalasHapus
  56. Eh, maaf, kok tag HTML-ku tak bs muncul di atas y?

    Blogku ini: Art Dimension

    BalasHapus
  57. @Lea Willsen :
    Tag–nya diparse dulu gan, ke mode penulisan HTML di postingan. Seperti tag < ditulis &lt; & > ditulis &gt;.

    BalasHapus
  58. iya..gan' aq setuju sudah di kasih backlink gratis tapi msh nyepam,, enknya diapakn ya....

    BalasHapus
  59. klo ingin melihat blog dofollow or nofollow punya orang lain tuh gimna?

    BalasHapus
  60. Owh jadi gitu ya,,,
    klo gitu blog saya coba di bikin dofollow ah.....

    BalasHapus
  61. hmmm bingung dech klo gitu.....
    dofollow or nofollow ya...

    BalasHapus
  62. maksud dari nyepam itu kyak gmana sih mas? say blum paham betull ..

    BalasHapus
  63. untuk saya dofollow aja deh....hehehe
    makasih y gan tas informasinya... v saya masih kurang paham nie,,hehehe

    BalasHapus
  64. thanks banget buat tipsny bro, masukan yang berharga : )

    BalasHapus