Etika Bertukar Link (Link Exchange)

Selain rajin mengunjungi blog lain dan memberikan komentar pada suatu posting tertentu, bertukar link juga marak dilakukan. Hal tersebut dilakukan dalam upaya mem-promosi-kan blog. Seperti yang telah diuraikan dalam kualitas link bahwa diusahakan semaksimal mungkin untuk menentukan link yang sesuai dengan tema dan keyword blog kamu. Cara singkat untuk mencari blog yang sesuai dengan tema dan kata kunci adalah dengan menggunakan mesin pencari. Carilah di search engine dengan kata kunci yang sesuai dengan blog kamu, kemudian kunjungi blognya. Baca dan pelajari informasi dalam posting, jika selesai membaca berikan komentar yang menurut kamu relevan dengan isi postingan tersebut. Dan apabila ia menyediakan halaman untuk bertukar link, manfaatkan kesempatan tersebut untuk berbagi.


Dalam link exchange juga mempunyai etika tertentu agar blog lain tertarik bertukat link dengan blog kamu :

  1. Kamu harus me-link duluan. Bagaimana meminta blog lain me-link ke blog kamu, jika kamu belum melakukan link ke blog mereka.
  2. Memberi pemberitahuan bahwa kamu telah me-link ke blog mereka, baik melalui shoutbox, komentar, maupun email (ex : "Blog-saya.com" telah me-link ke "Blok-kamu.com")
  3. Berikan komentar untuk meninggalkan jejak kamu dalam blog mereka.
  4. Jangan berlaku khianat, dengan menghapus link blog mereka dari blog kamu. Padahal link kamu masih berada di blog mereka.
  5. Jangan pula bersikap memaksa, seperti "link kamu akan dihapus, jika kamu tidak linkback dalam 2 hari", "Ini sudah yang ketiga kalinya, saya meminta,..."
  6. Blog kamu harus memiliki posting yang menarik dan berhubungan dengan tema serta kata kunci blog yang lain tersebut.


Kemudian ada pula etika, jika blog kamu telah di link oleh blog lain :

  1. Lakukan cek terjadwal dalam mesin pencari tentang siapa saja yang me-link ke blog kamu (ketik dalam kotak pencarian "link:http://alamatblogkamu.com")
  2. Kunjungi daftar link, yaitu blog lain yang telah me-link ke blog kamu. Apakah blog tersebut mempunyai relevansi dengan judul dan keyword kamu.
  3. Sampaikan dengan baik dan sopan "Mengapa blog mereka belum kamu linkback" atau "Tidak di linkback"
  4. Jangan sombong dengan berlaku tidak mau tahu dengan blog lain yang telah melakukan link ke blog kamu. Karena blog kamu hidup mungkin karena kunjungan, komentar, dan promosi mereka.

Dengan memahami etika yang saling berhubungan timbal-balik tersebut, maka akan menghasilkan suatu hubungan yang ber-simbiosis mutualisme (saling menguntungkan). Sehingga dinilai sah menurut hukum, jujur dari pandangan kasat mata, dan legal menurut algoritma search engine.


Selamat ber-Link Exchange...

22 komentar untuk “Etika Bertukar Link (Link Exchange)”

  1. oke suhu... kode etiknya udeh diinget tuh

    BalasHapus
  2. Pasang backlink tentu banyak sekali manfaatnya. Tapi sayang bentuk baclink yang diberikan tidak efisien. Cara yang sederhana adalah membuat banner untuk buat blog kita sendiri dan meminta orang lain untuk pasang di blognya. Sayangnya Tidak semua orang mau pasang banner biarpun itu kecil apa lagi yang ukuranya besar

    mereka berpikir lebih baik pasang banner iklan dari pada banner orang lain yang tidak memberikan efek yang berarti secara langsung.

    Saran saya lebih baik digalakkan backlink dalam bentuk text. tak sekedar text yang diberi link tapi diberi sedikit keterangan diawahnya. Ada nama dan keterangan. sedikit mirip dengan iklan text google Adsense. Seperti blogroll yang saya buat di blog aku.

    terima kasih atas informasinya

    BalasHapus
  3. sip deh. ini dia pemahaman dalam etika link exchange yang baik dan benar.
    salam sukses Internet Marketing

    BalasHapus
  4. boleh nih, di coba ya!
    linknya sudah ku pasang di blog saya. juangan lupa link balik ya, Benenran lho! :D

    BalasHapus
  5. boleh nih, di coba ya!
    linknya sudah ku pasang di blog saya. juangan lupa link balik ya, Benenran lho! :D

    BalasHapus
  6. thank's sara-saran-nya

    BalasHapus
  7. Ouw..
    ternyata gitu yaw..
    thanks infonya.. :D

    BalasHapus
  8. apakah berpengaruh,apabila teman yang kita ajak ber x link tersebut ternyata blognya nofollow?

    BalasHapus
  9. Thx infonya bro.. Mampir k blog q jga ya

    BalasHapus
  10. wah, bagus tipsnya.. brb ke google ngeliat siapa aja yang ngelink blog saya.. hehehe

    BalasHapus
  11. OB emang mantabs isinya nich. salam kenal bro...

    BalasHapus
  12. Tentunya ini masuk akal kalau kita saling menjalin erat komunikasi antar blogger "istilahnya blog interaktif" dengan sendirinya akan otomatis mendapatkan backlink secara bekesinambungan, dan disisi lain apapun alasannya kalau blog kita banyak memberi manfaat sudah pasti akan banyak visitor, bravo OB.

    BalasHapus
  13. wahh ,,, info nya mantap , thx y

    BalasHapus
  14. yang di maksut spam itu apa om............kok blog saya di kasih getgit g ada yang bisa ..........emang knpa..? dan caranya bagaimana untuk merubahnya....?GPL

    BalasHapus
  15. @Arif bin thoha : Kalau kk Arif search di google, pasti banyak blog yang berbicara masalah SPAM. SPAM blog adalah sampah blog atau ilmiahnya adalah blog yang banyak mengumbar link disetiap postingannya. Isi blog tidak cocok dengan judul, metatag, cenderung tidak masuk akal, dan banyak link yang mengarah ke satu situs tertentu. Sedangkan SPAM komentar adalah komentar yang banyak mengumbar link, komen tak sesuai dgn isi postingan, dll. Coba kk jalan-jalan ke alamat ini :
    http://blogger.com/terms.g
    http://blogger.com/content.g

    Maaf, kk. OB belum jelas maksudnya? gadgetnya yg seperti apa, kk? Kelihatannya blog kk menggunakan template terbaru dari blogger, template ini yang OB tidak/belum paham :D

    BalasHapus
  16. Blogroll memang menyenangkan.
    Karena ini adalah cara tercepat yang membuat ngeblog bisa tenar seperti sekarang ini. Semoga dengan banyaknya kegiatan bertukar link ini juga akan semakin memperluas jalinan silaturahmi antar sesama blogger.
    Salam ngeblog !

    BalasHapus
  17. Setuju Bro, memang seharusnya demikian etikanya

    BalasHapus
  18. sopan santun dan tahu etika memang sangat diperlukan sob untuk menjalin persahabatan antar blogger dengan link exchange.

    btw terkait hal tsb, maukah sudi kiranya blog ini bertukaran link dengan blog saya?

    BalasHapus