Mendaftar dan Mengalihkan Feed via FeedBurner

Ketika kita sedang blog walking atau mengunjungi blog narablog lain, tidak jarang kita menemukan taut langgan (subscribe). Bentuk taut berlangganan pun bermacam-macam, seperti membuat form belangganan melalui email atau hanya menggunakan teks jangkar. Feed memudahkan pengunjung untuk mendapatkan pembaharuan terbaru dari posting dalam blog kita — baik melalui email atau pengumpul feed (umpan) — sehingga layak bagi pemilik blog untuk mengaktifkan layanan tersebut. Ironisnya, tidak jarang kita menemukan taut berlangganan yang masih menggunakan bawaan default blog & ketika di klik oleh pengguna, ia tidak mengarahkan pada suatu layanan — kecuali peramban kesayangan mereka mengakomodasinya — tetapi malah mengunduh isi feed tersebut.

h**p://namablog.blogspot.com/feeds/posts/default

Nah, agar feed dalam blog dapat memenuhi kebutuhan pengunjung untuk berlangganan, baik melalui email atau layanan pengumpul, Optimasi Blog akan mendeskripsikan beberapa langkah aktivasi & pengalihan feed ke layanan FeedBurner.

  • Silakan kunjungi alamat FeedBurner. Jika narablog telah memiliki akun Google, sebaiknya login terlebih dulu, kemudian pergi ke layanan FeedBurner. Gambar berikut hanya merupakan contoh, abaikan beberapa feed yang telah lebih dulu Optimasi Blog daftarkan. Masukkan alamat blog Anda, kemudian eksekusi dengan mengklik tombol “Next”.
  • Mendaftar feed ke FeedBurner
  • Menentukan judul dan alamat feed, isi judul sesuai dengan keinginan Anda & alamat feed — misalnya: MiMspot — maka alamat feed adalah http://feeds.feedburner.com/MiMspot. Klik tombol “Next”.
  • Tentukan Judul dan Alamat feed
  • Mengidentifikasi sumber daya layanan feed, Anda bisa memilih Atom atau RSS. Klik tombol “Next”.
  • Identifikasi Sumber Daya feed
  • Anda akan dibawa kehalaman, “Selamat! Feed Anda via FeedBurner telah aktif”. Kemudian disertakan pula alamat feed Anda, seperti yang terlihat pada tautan dalam kotak hijau. Klik tombol “Next”.
  • Aktivasi feed Berhasil
  • Beri tanda centang pada checkbox sesuai keperluan Anda atau centang saja semua checkbox. :) Klik tombol “Next”.
  • Menentukan Statistik Trafik feed
  • Selanjutnya Anda akan dibawa ke halaman bimbingan dan arahan pengguna dalam memanfaatkan layanan FeedBurner. Agar feed Anda mendukung berlangganan melalui email dapat dilihat pada gambar di bawah ini. Ingat eksekusi dengan tombol “Activate”, sedangkan contoh penggunaan fasilitas berlangganan dapat Anda baca pada posting bagaimana cara berlangganan?.
  • Aktivasi Fasilitas Berlangganan via Email
  • Langkah di atas tidak akan berarti, apabila Anda tidak memanfaatkannya. Agar feed blog Anda terhubung dengan FeedBurner, maka diperlukan tindakan pengalihan (redirect). Arahkan peramban Anda menuju halaman dashboard Blogger.com → SettingOther. Kemudian tambahkan alamat feed via FeedBurner — misalnya: http://feeds.feedburner.com/MiMspot — sesuai contoh di atas dan jangan lupa disimpan.
  • Pengalihan feed Blog ke FeedBurner

Sekarang mari kita periksa dengan mengklik taut berlangganan (subscribe) pada blog Anda, apakah telah terhubung dengan FeedBurner?

Update (18 Oktober 2012): Jika dalam pendaftaran feed situs web atau blog pada layanan FeedBurner mengalami permasalahan — seperti kapasitasnya yang besar — kita dapat melakukan alternatif dengan menambahkan “?max-results=10” (angka 10 dapat dirubah) untuk membatasi kapasitas feed yang besar tersebut.

h**p://namablog.blogspot.com/feeds/posts/default?max-results=10

Pembaharuan ini sesuai dengan pertanyaan dalam kolom komentar yang disampaikan oleh @Karakter Pendidikan.

10 komentar untuk “Mendaftar dan Mengalihkan Feed via FeedBurner”

  1. kalau ulun pake yang seadanya aja om...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seadanya juga tidak masalah :D, cuma ketika kita dihadapkan pada situs sosial bookmarking atau sejenisnya yang membutuhkan aktifitas feed, mungkin akan menghadapi beberapa kendala. Pun tidak ada salahnya mendaftarkan feed di FeedBurner. Disamping itu, manfaatnya bukan hanya bagi pengelola situs web atau blog, bahkan memberi kemudahan pula bagi pengunjung situs web atau blog tersebut — salah satunya — untuk mendapat berita atau posting atau artikel terbaru. :)

      Hapus
  2. Balasan
    1. Terima kasih atas kunjungannya, gan. Begitu pula dengan para agan di atas. Azzz... sudah lama tidak main RF, jadi ingat ‘doomblass’ race lain.

      Hapus
  3. mohon maaf nih, melenceng sedikit dari posting. kenapa url blog saya tidak bisa didaftarkan di fead burner, kenapa sob...pada saat klik next ditampilkan bahwa kapasitas blog saya terlalu besar....gimana solusinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, gan. Ada kalanya ketika artikel dalam blog telah begitu banyak, kita terkadang kelupaan untuk mendaftarkan feed blog, sehingga kapasitas feed juga besar. Untuk mengurangi beban perayapan oleh FeedBurner, kita bisa mengecilkan ukuran feed tersebut dengan cara menambahkan “?max-results=10” (angka 10 bisa dirubah). Contoh:
      http://www.vionetpalu.com/feeds/posts/default?max-results=10

      Nah, coba agan daftarkan feed seperti contoh di atas — dengan menggunakan ?max-results=10 — pada FeedBurner.

      Hapus
  4. mancaaaap .. laksanakann

    bejalanan sore dulu kawan :)

    BalasHapus
  5. Thanks infonya:
    Mampir kesini yah bro :
    http://infoku-bloggerku.blogspot.com/

    BalasHapus
  6. Saya ndak bisa tuh daftar ke sini, mungkin blog sya sudah memiliki feed otomatis ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Jefry Dewangga — bisa, gan. Tetapi menggunakan pengalihan (redirect) FeedBurner melalui plugin atau Kustumisasi di berkas .htaccess, setelah mendaftarkan situs web atau blog WP ke FeedBurner.

      # Redirect wordpress feeds to feedburner
      RewriteEngine on
      RewriteCond %{HTTP_USER_AGENT} !FeedBurner [NC]
      RewriteCond %{HTTP_USER_AGENT} !FeedValidator [NC]
      RewriteRule "^feed/?([_0-9a-z-]+)?/?$" URL feed Anda di FeedBurner [R=302,NC,L]

      Keterangan:
      URL feed Anda di FeedBurner diganti dengan alamat feed di FeedBurner, contoh: http://feeds.feedburner.com/ImanIslam

      Hapus