Online Tool yang Membantu dalam Blogging

Di samping mengandalkan kemampuan & keterampilan sendiri — diperoleh melalui belajar maupun pengalaman — tidak terlepas pula dengan kebutuhan alat bantu untuk mendukung blogging. Dari sekian banyak situs web yang membantu aktivitas blogging, terdapat beberapa yang menyediakan tool secara online. Nah, berikut sedikit deskripsi dari beberapa online tool yang membantu “Optimasi Blog” dalam menghasilkan karya-karyanya.

CSS with vertical rhythm

Tool ini akan membantu untuk menghitung CSS agar memiliki ritme vertikal yang konsisten. Perhitungan menggunakan pixels (px) dan M (em). Cara penggunaannya tidak sulit, kita tinggal memasukkan jenis font, ukuran font dasar, besar line-height, & ukuran font yang ditargetkan dalam skala pixels. Berikut hasil uji coba vertical rhythm berdasarkan font yang berukuran 12px dan 18px, sedangkan font yang saya gunakan adalah Georgia, Times, "Times New Roman", serif berukuran .9375em atau 15px dan line-height: 1.6em; atau 24px. (red: baca kembali posting yang berjudul Sentuhan Magis dalam Blog).

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vivamus euismod, mi ullamcorper ornare aliquet, erat dolor euismod libero, sed bibendum quam nunc quis quam.
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vivamus euismod, mi ullamcorper ornare aliquet, erat dolor euismod libero.

CSS Font Stack

Penggunaan sangat mudah, kita hanya perlu mengklik “Copy to Clipboard”, kemudian tempel pada kertas aplikasi seperti notepad dan sejenisnya. Tersedia pula beberapa pilihan jenis font yang akan/ingin kita gunakan dalam membangun sebuah situs web atau blog.

font-family: Georgia, Times, "Times New Roman", serif;

Variable Grid System

Sistem variabel grid adalah cara cepat untuk menghasilkan beberapa jaringan (kotak) CSS yang mendasari pembuatan situs web atau blog. File yang dihasilkan CSS didasarkan pada “Sistem Grid 960”. Salah satu manfaat dalam penggunaan tool ini adalah pengguna dapat dengan mudah mengatur responsif desain situs web atau blog-nya. Pun kita dapat melakukan berbagai kustomisasi lebar kolom, jumlah kolom, jarak antar kolom, & lebar konten.

The Responsinator

Bagaimana cara kita agar mengetahui desain situs web atau blog responsif? Tool ini dapat menjadi salah satu alternatif untuk mengamati tampilan situs web atau blog pada beberapa layar yang berbeda. Cukup dengan memasukkan alamat situs atau blog, kemudian klik “Go” atau eksekusi dengan menekan tombol Enter pada papan ketik.

HTML Entities

Sungguh sesuatu hal yang menyenangkan, ketika kita membuat pengkodean atau menulis posting/artikel dengan menggunakan entitas HTML tertentu. Ingat! Lakukan pembaharuan terhadap peramban kesayangan Anda.

Awas! Jangan menggunakan tips ini, karena mengandung ☢. Anda akan terbius atau ketagihan memakainya, apalagi jika berbintang ♈. “Khusus ♂”, harap menggunakan pengaman. Menurut penelitian, ❷ di antara ➉ peristiwa terjadi disebabkan kelalaian. Ketika ✍ perhatikan selalu tanda baca agar posting Anda tidak ter-✄ oleh pindaian para pengunjung — mendengar ♫ akan menimbulkan perasaan ♡ — gunakan ✉ atau ✆, sehingga tiap ✗ dapat diminimalisasi. Atau blog Anda akan di-asing-kan ke planet ♇.

HTML5 Outliner

Online tool ini bermanfaat untuk mengetahui format outline heading pada struktur situs web atau blog dalam HTML5, seperti h1, h2,… ,h6. Alat ini dapat melakukan pengecekan terhadap format outliner, baik melalui berkas file HTML, URL (Uniform Resource Locator), & input kode.

Lipsum Generator

Lorem Ipsum adalah contoh teks atau dummy dalam industri percetakan dan penataan huruf atau typesetting. Lorem Ipsum telah menjadi standar contoh teks sejak tahun 1500an, saat seorang tukang cetak yang tidak dikenal mengambil sebuah kumpulan teks dan mengacaknya untuk menjadi sebuah buku contoh huruf.

Online YUI Compressor

Untuk proses pemampatan sumber kode, baik CSS maupun JavaScript, tool ini dapat diandalkan. Kita dapat memasukkan text, URL, atau file, kemudian klik “Compress” untuk melihat hasilnya. Terdapat pula beberapa opsi pemampatan yang dapat kita pergunakan, sebelum memperoleh hasil yang diinginkan. Lebih detail tentang online tool ini, silakan baca posting berjudul Kompres Kode CSS dan Javascript.

Smush.it™

Smush.it menggunakan teknik optimasi khusus untuk format gambar yang tidak perlu untuk menghapus byte dari file gambar. Ini adalah perangkat “lossless”, yang berarti mengoptimalkan gambar tanpa mengubah tampilan atau kualitas visual. Setelah Smush.it berjalan pada halaman web, akan ada laporan berapa banyak byte akan diselamatkan dengan mengoptimalkan gambar halaman dan menyediakan file zip download dengan file gambar diminimalkan.

robots.txt Checker

Berkas robots.txt (sering keliru disebut robot.txt, dalam bentuk tunggal) yang dibuat oleh webmaster untuk menandai (melarang) file & direktori dari sebuah situs web untuk diakses oleh spider mesin pencari (dan jenis-jenis robot lain). Pengecek robots.txt ini merupakan "validator" yang menganalisis sintaks dari sebuah file robots.txt untuk melihat apakah format berlaku sebagaimana ditetapkan oleh A Standard for Robot Exclusion (silakan baca dokumentasi & tutorial untuk mempelajari dasar-dasar) atau jika mengandung kesalahan dalam pengecekan.

jsFiddle

Online tool ini dapat membantu jika kita ingin membuat suatu pengkodean tertentu, dimana disediakan empat kotak dengan input kode tertentu pula, seperti HTML, CSS, JavaScript, dan Result (hasil). Pun terdapat berbagai opsi pada tab di sebelah kiri layar.

The Readability Test Tool

Alat Uji Keterbacaan menyediakan cara cepat dan mudah untuk menguji pembacaan pekerjaan kita. Ini adalah perangkat lunak pembacaan yang paling fleksibel untuk menilai formula keterbacaan. Kita dapat menguji semua, atau bagian dari suatu halaman web, atau cukup mengetik teks. Taut langsung dari halaman situs web atau blog, kemudian online tool ini akan menghitung hasil untuk halaman tersebut.

GTmetrix

Ketika kita ingin mengecek performa situs web atau blog, perangkat GTmetrix merupakan alternatif yang dapat diandalkan. Selain menilai performa, ia juga memberikan deskripsi tentang cara mengoptimalkan serta beberapa taut rekomendasi yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna.

Di antara sekian online tool yang dapat membantu dalam aktivitas blogging di atas, mungkin masih banyak alat atau perangkat lain yang tidak dapat penulis sebutkan. Tinggal bagaimana kita memanfaatkannya, sehingga mampu ‘mendongkrak’ performa situs web atau blog yang kita kelola agar lebih efektif & efesien, berguna, serta memberikan kenyamanan di hati para pembacanya.
So, bagaimana dengan Anda?

17 komentar untuk “Online Tool yang Membantu dalam Blogging”

  1. wow koleksi tool blogging yg sangat lengkap,, nice sharing ThankU .. salam kenal masBroo.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal, gan. Saya juga mengikuti beberapa artikel di Blog Genreystore.com, informasi mengenai komputer sangat menarik. Cuma komentar, apakah agan mengatur hanya untuk member WordPress™? :(

      Hapus
    2. yupp,, sperti itu memang adanya.. diweb genreystore.com pun ada blog nya ,, cuma artikel2 yg mayan penting aja yg masuk.. btw komen diBlog wp ane doong gan :) yu'Are nice person Thumb'sUp

      Hapus
  2. catet !! ini yang saya butuhkan nih, akhirnya, terimakasih gan

    BalasHapus
  3. Thank info ya bro.terus di bookmark page ni.

    BalasHapus
  4. Banyak juga ya toolsnya. boleh nih dicoba. thanks for sharing gan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, gan. online tool tersebut mungkin hanya sebagian dan masih banyak yang lain. Terima kasih juga atas kunjungannya.
      btw — tanah di daerah Ciseeng, Parung, Jawa Barat lumayan juga. Mudah-mudahan banyak peminatnya.

      Hapus
  5. Saya biasanya menggunakan GTMetrix hehehe cukup membantu tuh

    BalasHapus
  6. Toolsnya kayanya untuk blogger yang advanced nih. Kalo saya bener awam... template yang dipake juga dibuat sama orang lain. Jadi klo harus ada yang diubah, wah sudah pasti ga bisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak harus advanced, seperti komentar yang disampaikan oleh @Kraeng Francisco. :)

      @artikel cctv — blog agan fokus dengan artikel tentang CCTV (Closed-Circuit Television), kontras antara judul blog dengan isinya.

      Hapus
  7. Informasi yang lengkap, walaupun mungkin masih banyak situs penyedia layanan lainnya tetapi saya pikir yang telah diberikan diatas sangatlah begitu sempurna, tergantung dari pemahaman seseorang saja dalam menggunakannya. Trima kasih Sahabat. Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nice share, gan. Dengan begitu komentar @Kraeng Francisco telah menjawab komentar dari @artikel cctv.

      Hapus
  8. Tool Blogging yang sangat lengkap....
    tapi kyaknya buat yang udah expert dan tingkat tinggi tuh,
    Blom ngerti ane sob make yang kyak gituan, hehe...
    Nice Blogging

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Zaenal — tidak perlu expert, gan. Oleh karena semua masih dalam tahap belajar — termasuk saya — dan tidak ada salahnya dalam proses ‘ngeblog’, kita menyelipkan beberapa hal yang dapat memberikan makna tersendiri dengan artikel yang kita tulis atau situs web/blog kita.

      Hapus
  9. Penjelasan Tool Blogging yang sangat dalam dan Lengkap sob,
    Di Bookmark dulu buat koleksi, soalnya masih blom faham ama yang gituan,
    Happy Blogging

    BalasHapus
  10. artikel yang menarik.. kudu belajar banyak ni... terima kasih

    BalasHapus