Fitur Blogger Konfigurasi Navbar Off

Tentu narablog telah tahu sebelumnya, tentang cara atau trik blogger untuk menyembunyikan dan/atau menghilangkan navbar Blogger™? Bisa dengan menggunakan CSS — seperti display: none;, visibility:hidden; — atau dengan cara memasukkan HTML <!--<body><div></div>--> di antara <head>…</head> atau sesudahnya. Semua hal tersebut mungkin dilakukan oleh karena ingin menampilkan ‘wajah blog’ agar lebih profesional serta aksesibel.

Saya & Anda mungkin telah acap kali membaca, bahkan menulis berbagai cara menghilangkan navbar Blogger™. Sama kondisinya ketika orang mulai mempelajari & menulis tutorial mengenai sistem komentar bersarang (threaded comment) pada Blogger™. Informasi-informasi tersebut tidak luput dari pantauan pihak pengembang (Developers), sehingga hasil pantauan tersebut menjadi rekomendasi untuk lebih memantapkan performa Blogger™ di masa mendatang.

Beralih ke topik pembicaraan tentang navbar Blogger™. Sekarang narablog tidak perlu lagi mencari atau mempelajari cara yang rumit, kalau tujuannya hanya untuk menghilangkan navbar Blogger™. Oleh karena Blogger™ telah menambah kebutuhan itu dengan beberapa langkah yang mudah.

Pertama, Login ke akun Blogger™ & pilih “Layout” (tata Letak) pada blog yang akan dikonfigurasi tampilan navbar-nya. Selanjutnya akan ditampilkan halaman layout, seperti pada gambar berikut.

Blogger Layout

Kedua, Pastikan widget navbar sudah include dalam template. Ketika layout telah menampilkan widget, tinggal klik edit (lingkaran merah) dan muncul pop-up (jedela kecil) untuk memilih konfigurasi navbar.

Konfigurasi Navbar

Ketiga, Pilih opsi terakhir “Off” & jangan lupa disimpan. Pengaruhnya, otomatis kita juga akan menghilangkan taut quick edit pencil (gambar pensil), widget item control (gambar kunci dan obeng), serta hilangnya taut hapus/delete pada komentar walaupun sedang dalam keadaan login.

Happy blogging :)

3 komentar untuk “Fitur Blogger Konfigurasi Navbar Off”

  1. thanks sob buat info & ilmunya ?
    semoga bermanfaat sob!
    salam knal & sukses selalu sob ?

    BalasHapus
  2. senang bisa berlama-lama disini. makasih banyak ya gan untuk semua sharenya :)

    BalasHapus
  3. kebetulan nih
    ane juga baru blognya
    wajib coba nih

    BalasHapus