Judul dan Deskripsi dalam Blog

Kita pasti sering menggunakan mesin penelusur untuk mencari sesuatu yang dibutuhkan. Khusus untuk informasi posting, biasanya hasil pencarian akan menunjukkan judul, URL (Uniform Resource Locator), dan deskripsi. Opsional, jika kata kunci yang diketik oleh pengguna mempunyai kesesuaian yang sangat nyata dengan judul & deskripsi blog serta posting didalamnya, maka pada baris bagian bawah akan muncul rekomendasi beberapa tautan yang mengarah pada alamat blog tersebut atau lebih dikenal dengan sebutan sitelink.

Dari paragraf di atas, judul & deskripsi dalam blog merupakan unsur dasar dalam SEO yang meliputi dua elemen penting, yakni blog dan halaman blog. Setiap Judul haruslah unik dan akurat. Unik karena format struktur yang tidak mempunyai persamaan identik dengan judul lain dan akurat karena menggambarkan isi konten atau posting dalam sebuah blog. Sedangkan deskripsi merupakan ringkasan yang dapat didefinisikan untuk setiap halaman, mungkin berisi satu atau dua kalimat atau paragraf pendek.

Judul

Judul akan ditampilkan dalam hasil pencarian & ketika membuka halaman pada hasil penelusuran, maka judul akan tampil pada tab peramban. Begitu pula ketika pengguna mengetikkan kata kunci lebih spesifik, maka hasil pencarian akan menampilkan sesuai dengan kata kunci tersebut. Biasanya judul diindasikan dengan menggunakan title tag yang berada antara <head></head>, seperti yang telah diulas dalam Tips Search Engine Optimization (SEO) pada Blogger.com.

<title>
  <b:if cond='data:blog.homepageUrl == data:blog.url'>
    <data:blog.title/>
  <b:else/>
    <data:blog.pageName/> | <data:blog.title/>
  </b:if>
</title>

Berikut beberapa hal yang perlu kita lakukan dalam membuat judul:

  • Memilih judul yang secara efektif mengkomunikasikan topik dari konten halaman. Ini akan membantu mesin penelusur untuk menemukan obyek yang tepat, ketika pengguna mengetikkan kata kunci tertentu. Hindari penggunaan judul yang tidak ada hubungannnya dengan isi blog & menggunakan judul secara tersamar, seperti: “Tanpa Judul”, “Halaman Baru”.
  • Menggunakan judul yang unik di setiap halaman. Setiap halaman blog idealnya harus memiliki tag judul yang unik, sehingga mesin penelusur mengetahui bagaimana halaman tersebut berbeda dari yang lain.
  • Menggunakan judul yang singkat tapi deskriptif. Judul semestinya dapat dipersingkat & informatif, karena judul yang panjang mungkin tidak akan banyak membantu pengguna. Apalagi ketika sebuah judul dimasukkan kata-kata kunci yang tidak dibutuhkan serta berlebihan.

Deskripsi

Deskripsi dalam blog diwujudkan dalam description meta tags, dimana khusus untuk Blogger™ default akan berada pada markah <b:include data='blog' name='all-head-content'/>. Bagaimana jika tidak ada, mungkin karena modifikasi atau kustomisasi tiap template, maka kita dapat menambahkan secara manual.

<b:if cond='data:blog.metaDescription != &quot;&quot;'>
  <meta expr:content='data:blog.metaDescription' name='description'/>
</b:if>

Deskripsi blog dapat kita kostumisasi melalui pengaturan pada dashboard Blogger™, seperti yang telah ditulis dalam posting Kustomisasi Setelan pada Preferensi Penelusuran. Sedangkan untuk halaman posting & statis, berada pada menu pengaturan sebelah kanan editor posting.

Deskripsi Halaman Posting atau Statis

Meta tag deskripsi berguna sebagai ringkasan dari keseluruhan isi blog dan “mungkin” mesin penelusur akan menampilkan deskripsi tersebut — jika benar-benar relevan — sesuai & cocok dengan permintaan pengguna. Berikut beberapa hal yang perlu kita lakukan dalam membuat deskripsi:

  • Tulis desktipsi yang menginformasikan & demi kepentingan pengguna jika mereka melihat deskripsi tersebut sebagai potongan dalam hasil pencarian. Hindari menulis meta tag deskripsi yang tidak ada hubungannya dengan isi dari halaman, menggunakan deskripsi yang umum seperti “Ini adalah halaman web” atau “Halaman tentang blog”, mengisi deskripsi hanya dengan kata kunci, serta menyalin & menyisipkan seluruh isi dokumen ke dalam meta tag deskripsi.
  • Menggunakan deskripsi yang unik untuk setiap halaman, sehingga membantu mesin penelusur & pengguna untuk menemukan ringkasan yang jelas tentang apa isi halaman blog tersebut. Oleh karena halaman sebuah blog adalah unik, maka hindari penggunaan deskripsi tunggal untuk setiap halaman.

Sumber: General guidelines Search Engine Optimization (SEO).

1 komentar untuk “Judul dan Deskripsi dalam Blog”