loading...

Widget Posting dan Komentar Terbaru yang Sederhana

Mungkin Anda pernah membaca artikel sebelumnya tentang Trik Blogger | Memasang Posting Terbaru (Recent Posts) & Trik Blogger | Memasang Komentar Terbaru (Recent Comments). Keduanya tidak menggunakan struktur kode daftar urut (unordered list atau ordered list), namun menggunakan horizontal rule (<hr>) sebagai pemisah antar item atau hanya berupa break (<br>).

Sebenarnya membuat gadget atau widget posting atau komentar terbaru adalah sangat mudah, yaitu dengan memanfaatkan feed default bagi pengguna Blogger™.

h**p://namablog.blogspot.com/feeds/posts/default
h**p://namablog.blogspot.com/feeds/comments/default

Cara menambahkan kedua feed di atas dilakukan melalui kustomisasi Tata Letak (Layout) pada dashboard akun Blogger™ Anda.

Menambah Gadget/Widget

Kemudian pada jendela pop-up yang terbuka, pilih gadget “Feed”.

Gadget/Widget Feed

Masukkan URL feed default Blogger™ Anda, seperti yang telah diperlihatkan di atas (satu gadget berarti satu URL)& jangan lupa diganti nama blog yang berwarna merah dengan Blog Anda. Eksekusi dengan mengklik tombol “Continue”.

Konfigurasi Feed

Selanjutnya akan ditunjukkan beberapa pengaturan yang dapat Anda kustomisasi pada gadget atau widget feed yang baru dibuat tersebut. Akhiri dengan mengklik tombol “Save”.

Konfigurasi Feed Lanjutan

Mungkin yang kurang nyaman dilihat hanya pada gadget atau widget komentar terbaru (recent comments), karena isi komentar — jumlahnya dapat diatur pada saat konfigurasi feed — akan ditampilkan pula. Alternatifnya kita dapat mengganti dengan memilih gadget “HTML/JavaScript”, kemudian masukkan script berikut, sehingga komentar terbaru akan menampilkan nama komentator & judul posting.

<script type='text/javascript'>
//<![CDATA[
function showrecentcomments(r){document.write('<ul>');for(var g=0;g<a_rc;g++){var c=r.feed.entry[g];var p;if(g==r.feed.entry.length){break}for(var f=0;f<c.link.length;f++){if(c.link[f].rel=="alternate"){p=c.link[f].href;break}}p=p.replace("#","#");var m=p.split("#");m=m[0];var e=m.split("/");e=e[5];e=e.split(".html");e=e[0];var b=e.replace(/-/g," ");b=b.link(m);var o=c.published.$t;var l=o.substring(0,4);var d=o.substring(5,7);var a=o.substring(8,10);var n=new Array();n[1]="Jan";n[2]="Feb";n[3]="Mar";n[4]="Apr";n[5]="May";n[6]="Jun";n[7]="Jul";n[8]="Aug";n[9]="Sep";n[10]="Oct";n[11]="Nov";n[12]="Dec";if("content" in c){var j=c.content.$t}else{if("summary" in c){var j=c.summary.$t}else{var j=""}}var q=/<\S[^>]*>/g;j=j.replace(q,"");document.write('<li>');if(m_rc==true){document.write("On "+n[parseInt(d,10)]+" "+a+" ")}document.write('<a href="'+p+'">'+c.author[0].name.$t+"</a>");if(n_rc==true){document.write(" on "+b)}if(o_rc==0){document.write("</li>")}else{document.write(": ");if(j.length<o_rc){document.write("<i>&#8220;");document.write(j);document.write("&#8221;</i></li>")}else{document.write("<i>&#8220;");j=j.substring(0,o_rc);var h=j.lastIndexOf(" ");j=j.substring(0,h);document.write(j+"&hellip;&#8221;</i></li>");document.write("")}}}};
//]]>
</script>
<script style=text/javascript >var a_rc=5;var m_rc=false;var n_rc=true;var o_rc=0;</script><script src='h**p://namablog.blogspot.com/feeds/comments/default?alt=json-in-script&amp;callback=showrecentcomments'></script>

Catatan:
Widget komentar terbaru akan ditampilkan dalam daftar urut (<ul>). Teks “on” (huruf kecil) menunjukkan pemisah antara nama komentator & dengan judul posting. Angka 5 menunjukkan jumlah komentar & angka 0 merupakan isi komentar serta jangan lupa mengganti nama blog dengan blog Anda.

Untuk demonstrasi dapat dilihat pada sidebar atau footer Optimasi Blog — Komentar Terakhir & Posting Terakhir.

15 komentar untuk “Widget Posting dan Komentar Terbaru yang Sederhana”

  1. wah ini nih cara membuat top comment yang aku cari

    BalasHapus
  2. ini dia yang saya cari, thanks gan ..

    BalasHapus
  3. terima kasih banyak atas informasinya. Informasi ini sangat bermanfaat

    BalasHapus
  4. Sya biasa pke widget komentar trbnyak az

    BalasHapus
  5. Nambah ilmu lagi nih saya :D
    Nice share bro

    BalasHapus
  6. tutorialnya makasih pak sangat bagus buat membangun blog baru saya

    BalasHapus
  7. menarik sekali artikel nya
    blog walking :D

    BalasHapus
  8. sangat bermanfaat tutorialnya,,, jadi pingin buat blog baru untuk menerapkan nya. Thank

    BalasHapus
  9. thanks buat informasinya sangat membantu memperindah blog PW saya

    BalasHapus
  10. Wow ini pakai jSon blogger ya, sayangnya ane pakek Wordpress.....

    BalasHapus
  11. Tengkyu.....Udah ane pake untuk recent commentx gan, ayo mampir n ngopi dulu di blog ane :). Sukur2 dksi masukan membangun.
    fmizar.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Mizar Febrian — Terima kasih. Untuk formulir komentar di blog fmizar.blogspot.com, sepertinya iframe formulir isian komentar tingginya (height) kurang. Sehingga ketika pengunjung ingin meninggalkan komentar, kode verifikasi tidak dapat diisi. So, tidak bisa meninggalkan komentar. :(

      Pada script widget komentar terbaru (recent comments) hapus kode: document.write('</ul>');

      Hapus
  12. saya caricari ini baru ketemu. trims gan

    BalasHapus