loading...

Gratis 7 SEO Tool

Posting kali ini kita akan mengulas tentang Search Engine Optimization Tool atau peralatan online yang mendukung SEO. Tool ini dapat kamu gunakan secara gratis yang bermanfaat untuk melakukan chekc-up optimasi SEO dalam blog. Untuk lebih mempersingkat telaah SEO mari kita mulai review tool-nya one by one.

Google Adwords Keyword Tool (https://adwords.google.com/select/KeywordToolExternal). Berguna untuk melakukan check keywords atau kata-kata kunci dengan memperhatikan kompetitor, jumlah pencarian pada bulan sebelumnya, rata-rata jumlah pencarian, dan sugesti terhadap alternatif kata kunci lain yang masih berkaitan. Pastikan pencarian keyword dilakukan paling awal, sebelum kamu membuat suatu blog. Jika kamu telah membuat suatu blog dengan menggunakan kategori tertentu (ex : Tips SEO), maka tidak ada salahnya melihat pula distribusi keywords di tool ini. Carilah kata atau frase kata yang berhubungan dengan kata kunci "Tips SEO" dan mempunyai kompetitor yang tidak terlalu banyak, tapi tidak pula terlalu sedikit (antara 3000 - 5000). Apabila terlalu banyak, kemungkinan peluang blog kamu terindeks oleh search engine pada halaman 1 - 5 dalam daftar pencarian sangat kecil. Apabila terlalu sedikit, malah membuat blog kamu tidak akan ada pengunjung karena hampir tidak ada yang melakukan pencarian dengan kata kunci yang telah kamu masukkan.

Wordtracker Free Keyword Sugeestion Tool (http://free keywords.wordtracker.com). Kegunaannya sama persis dengan "Google Adwords Keyword Tool", yang berbeda hanya dari segi tampilan. Tool ini akan menampilkan lebih dari 100 daftar keywords yang berkaitan dan prakiraan jumlah pencarian per-hari berdasarkan pada keywords yang telah kamu masukkan sebelumnya. Mungkin kamu bertanya "OB, khan sudah ada Google Adwords Keyword Tool, mengapa tool ini direview juga?" Tidak ada tool pencarian kata kunci yang 100% akurat, jadi penggunaan lebih dari satu tool pencarian kata kunci adalah lebih baik agar kamu dapat memperoleh kata kunci yang benar-benar baik dan relevan.

Keyword Rank Checker Tool (http://www.seocentro.com/tools/search-engines/keyword-position.html). Berguna untuk melakukan tracking cek terhadap peringkat suatu kata atau frase dari keyword. Tool ini akan menampilkan posisi blog kamu dalam daftar google search engine dan berusaha melakukan perbandingan dengan URL para kompetitor lain.

Link Popularity Checker Tool (http://www.market leap.com/publinkpop). Berguna untuk melakukan cek terhadap jumlah backlink ke blog kamu, baik melalui Google maupun Yahoo search engine. Semakin banyak link yang merujuk ke blog kamu, maka semakin baik pula ranking blog yang akan kamu dapatkan, sejauh link yang dimaksud memiliki kualitas yang bagus juga.

Update: Sekarang, untuk memanfaatkan fasilitas ini tidak gratis lagi. Maksudnya, tool "Link Popularity Checker" hanya terbatas bagi klien Market Leap.

Sitemap Generation Tool (http://www.xml-sitemaps.com). Berguna untuk melakukan generalisasi (mengumpulkan informasi-informasi) terhadap blog kamu ke dalam formal XML atau HTML. Untuk detail mengenai sitemap, khususnya user Blogger.com akan diulas secara mendetail dalam "Submit Sitemap Blogger.com di Google Webmaster Tools".

Social Marker Bookmarking Tool (http://www.social marker.com). Berguna untuk melakukan bookmark terhadap isi (content) blog kamu dalam beberapa layanan sosial bookmark. Kadang pengunjung blog lebih menyukai layanan ini dibanding ia harus mencari di search engine, sebab umumnya layanan bookmarking mempunyai kategori direktori tertentu. Sehingga memudahkan pengunjung untuk mencari sebuah blog dengan kategori tertentu tersebut. Bahkan beberapa layanan bokkmarking menyertakan back link ke blog kamu, coba bayangkan jika sebuah layanan sosial bookmark ber-PR5 telah me-submit blog kamu!!!

Website Grader (http://website.grader.com). Berguna dalam melakukan optimasi dan memulai untuk promosi blog kamu. Tool ini juga akan memberi kau advice tentang bagaimana cara meng-optimal-kan area blog yang potensial untuk dilakukan perbaikan.

Selamat menggunakan SEO Tool... senyum

108 komentar untuk “Gratis 7 SEO Tool”

  1. makasih mas infonya, klo untuk membuat robot di google web master gmn mas?

    http://adult-sexy-girls.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. to monica: Nah ini OB yg bener-bener belum mengerti. OB minta maaf, monica. Tapi Monica bisa cari informasi di link favorit OB terutama bertopik SEO

    BalasHapus
  3. ~x(, ngelu mas dari kemarin utak atik blog kagak sukses-sukses, padahal udah ikuti step by stepnya, gimana duong........but salut N thank for keatifitasnya

    BalasHapus
  4. ;-/ maz..semua cara diatas dah dicobe..tapi tetep aja..keyword q gag di page 1-5.

    BalasHapus
  5. to Handita iR: Pertama tentukan keyword blog, kemudian pertegas dengan meta tag keyword (search tentang meta tag) yang ditambahkan dalam template blog kamu. Kalau posting ini kan hanya menyangkut analisa SEO, sedangkan tentang SEO lebih mendalam, silakan buka posting lain yang berhubungan dengan Tips SEO. Terakhir, jangan menyerah...

    BalasHapus
  6. Thx ya buat tool2 nya.. berguna bgt, karena proses SEO menyEO blog saya kemarin hancur gara2 template yg ngga di backup. mudah2an dengan tool ini dapt mengembalikan lagi blog saya di halaman utama google.. by : anak2 MI STT-US Kuansing

    BalasHapus
  7. terima kasih gadget2 SEO-nya, semoga berguna buat meningkatkan website guwe...

    BalasHapus
  8. share free tutorial mengucapkan selamat hari raya lebaran, mohon maaf lahir dan bathin.

    BalasHapus
  9. Bermanfaat banet nih..langsung deh buat pratikum kontes SEO.:))

    BalasHapus
  10. Mas carany gimana SEO Url Forwading.. aku udah coba- gak bisa-bisa

    BalasHapus
  11. so useful tools. My blog gadget reviews now get high ranking on google by using this tools. thanks.

    BalasHapus
  12. Tool SEO nya aku hanya baca2, prakteknya kapan2 aja :)

    BalasHapus
  13. toolsnya lengkap bener.. makasih om..

    BalasHapus
  14. thx infonya bro

    segera ke tkp untuk coba toolnya..

    BalasHapus
  15. Mau Nyobain jg tools SEOnya , thx Bngt toek infonya
    klikblogser.blogspot.com

    BalasHapus
  16. nambah info nih.. situs website & SEO tools yang juga bermanfaat buat blog kamu.
    http://webtools.situsportal.com

    BalasHapus
  17. tahanks informasi nya mas ob,,,
    kalo ada tambahan tools2 seo lagi, konfirm ya mas,,

    BalasHapus
  18. okelah kalo begitu...

    http://doenktronik.blogspot.com

    BalasHapus
  19. Keren jg
    tp sayangnya seo tool untuk blogspot masih kurang dibandingkan wordpress =((

    BalasHapus
  20. :-/ Boleh juga infonya.

    bagus trik SEO nya. Saya terapin ya.

    BalasHapus
  21. thnx infonya... memang hrs lbh banyak bljr nh

    BalasHapus
  22. Makasih Atas Info Seonya thank Banget, titip link deh http://pakarbisnisonline.blogspot.com/2010/01/festival-museum-nusantara.html

    BalasHapus
  23. mksh,, tipsnya sgt berguna ttg seo tool..

    BalasHapus
  24. Watch top music video on http://inmusicvideo.com

    BalasHapus
  25. ^_^
    kereeen yah......................
    alexa OB makin langsing aja nih...
    mampir balik ke blog ku donk....
    sebagia tanda persahabatan
    http://zona-ketawa-kita.blogspot.com

    BalasHapus
  26. Makasih mas,, infonya berguna..
    saya newbie lagi promosi blog.
    kalo ada waktu kunjungi ya mas!
    mohon kritik dan sarannya.

    salam kenal erix muhuck.

    BalasHapus
  27. Makasih mas,, infonya berguna..
    saya newbie lagi promosi blog.
    kalo ada waktu kunjungi ya mas!
    http://muhuckpc.blogspot.com
    mohon kritik dan sarannya.

    salam kenal erix muhuck.

    BalasHapus
  28. wah,makasih banyak tips nya.
    berguna bgt niy berhubung saya masih awam dalam hal SEO, dan sekarang dapet job di kantor untuk ningkatin traffic web perusahaan saya.

    BalasHapus
  29. thanks bro.nice info

    all about download
    http://www.aicom.us

    BalasHapus
  30. Memang banyak beredar di internet tools tentang keyword atau pada intinya Search Engine Optimization tapi sayang seribu sayang karena kebanyakan tools tersebut tidak mencakup geo target spt yg kita inginkan. adakah nanti putra Indonesia membuat script tersendiri yang khusus melakukan riset SEO hanya untuk geo Indonesia saja?

    BalasHapus
  31. Lumayan membantu bos..
    Tapi dari itu semua, umur blog juga sangat berpengaruh mungkin ya bos?

    BalasHapus
  32. artikel dan informasi yang menarik.....segera saya meluncur ke tkp bro

    BalasHapus
  33. Terima kasih seo tool bermanfaat sekali

    BalasHapus
  34. Asslm, tambahan SEO tool lagi neh ;-) ada ga ya SEO tool buatan asli indonesia ?!! makasih mas toolnya lumayan buat naikin traffik ^_^

    BalasHapus
  35. Nice Info...smoga keyword gw bsa balik lg ke posisi 5 besar,, www.victorinorio.co.cc :D

    BalasHapus
  36. Jual chip poker texas holdem murah dan terpercaya hanya di http://jualan-chip.blogspot.com/ silahkan jika para agan-agan mau beli chip poker, kami siap melayani agan-agan yang terhormat.

    BalasHapus
  37. Jual chip poker texas holdem murah dan terpercaya hanya di http://jualan-chip.blogspot.com/ silahkan jika para agan-agan mau beli chip poker, kami siap melayani agan-agan yang terhormat.

    BalasHapus
  38. makasih mas.. berguna neh..

    BalasHapus
  39. saya............g faham maksut dari semua itu...........ajari donk

    BalasHapus
  40. @OB

    Mas mana yang lebih cepat mudah optimasinya ?
    Keyword yang sedang trend atau keyword yang permanen.(misal: tutorial, tip & trik, dll)

    BalasHapus
  41. @Work at Home menurut OB yang mudah dan cepat optimasinya adalah keyword yg permanen. Mengapa? Dengan keyword yg permanen tersebut, kita dapat merencanakan dan menentukan arah artikel-artikel (posting) yg akan dimasukkan dalam blog. Yah kalau boleh dikatakan, kita sebut saja keyword yg permanen sebagai "thema" blog. Akhirnya nanti timbul keterkaitan antara artikel2 kita tersebut dengan "thema".
    Sebaliknya, jika kita menggunakan keyword yg lg trend tentu peluang kita untuk menjadi top di search engine sangat sulit, karena banyaknya kompetitor.
    Kesimpulannya :
    Jika ingin bermain dengan SEO dalam blog, langkah pertama adalah menentukan "thema" yg tepat dan buat postingan yang terkait dengan "thema".

    BalasHapus
  42. mantap bung, lanjut simak..

    BalasHapus
  43. waduh ribet juga yach ternyata, tapi makasih banget infonya, jadi tau dikit nich tentang SEO :)

    Regards,

    Ghustie Samosir
    www.hanyainfo.blogspot.com

    Khusus Dewasa Klik Disini atau Disini

    BalasHapus
  44. Langsung coba!!! moga-moga tokcerrrrrr

    BalasHapus
  45. saya kira tools yg bisa di download :D

    BalasHapus
  46. wah infonya bermanfaat sekali buat yang baru belajar nge blog..mantap bro n thanks :)

    BalasHapus
  47. Wah terima kasih atas info nya!
    Segera !!

    BalasHapus
  48. makasi informasinya ya
    sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus
  49. tool untuk optimasi keyword pk market samurai , ini linknya udh + crack http://www.ziddu.com/download/12013709/MarketSamurai.0.85.9_With_Patch.rar.html

    BalasHapus
  50. Thanks ya OB...infonya berguna banget buat optimasi blog aku karna sebelumnya aku ga pernah optimasi...

    BalasHapus
  51. sesuatu yang sangat berguna,,,,,,http://yamahateam.com

    BalasHapus
  52. luar biasa. sangat luar biasa. sangat berterimakasih atas bantuanya dlm SEO...sangat membantu kami dalam Masalah SEOz

    BalasHapus
  53. informasi yang up to date, dimana sebagian orang masih percaya dengan frekuensi posting. keep posting gan.

    BalasHapus
  54. makasih sharing nya bung... seo tool ini sangat bermanfaat

    BalasHapus
  55. terima kasih sharenya...

    semoga ini bermanfaat

    BalasHapus
  56. terima kasih infonya...

    lumayan buat nambah wawasan...
    http://netindonesia.site50.net/

    BalasHapus
  57. http://2011-bighuge-inovation.blogspot.com/

    BalasHapus
  58. Thanks Sharingnya, www.goingup.com juga lumayan toolsnya untuk SEO

    :)

    BalasHapus
  59. Makasih infonya Gan,,,,,
    Sukses selalu....

    BalasHapus
  60. wah ijin copy mas buat arsip, mau di tes satu-satu nech

    BalasHapus
  61. wah thankz maz atas infonya. Tlong juga backlink web bagi yang ingin bisnis ya di www.klikpliz.com/4you

    BalasHapus
  62. Kirain Tools Yang Bersifat Software ..
    Maaf Salah kamar Nih

    BalasHapus
  63. thanks atas informasinya, sangat berguna, sukses untuk kamu

    BalasHapus
  64. mantap banget informasinya... thx yah sudah sharing

    BalasHapus
  65. thanks banget gan, info yang sangat bagus. kunjungan balik ya,,
    :-)

    BalasHapus
  66. Info yang bermanfaat, makasih atas sharingnya.

    BalasHapus
  67. keren......

    asyiknya punya blog yang ramai di kunjungi orang.....

    BalasHapus
  68. mantab deh

    www.facebook.com/menghilangkan.jerawat

    BalasHapus
  69. waduh gan. kalo ane yang penting ningkatin pagerank dolo

    BalasHapus
  70. mudah2an ditanggapi, karena kita sama orang banjar.
    cuman mau nanya cara bikin sitemap yang kaya di website sobat nih kyp?
    lwn jua Nda ndk btkun kyp mhilangkan yang dibwh post kita tuh tulisan old post, beranda, lwn new post
    atas perhatiannya nda ucpkan trmkasih

    BalasHapus
  71. website yg sangat cepat, ane suka banget.. dan tulisannya keren jg.. thaxs kawan...

    BalasHapus
  72. wooww nice info... i like your info http://usa-ads.co.cc

    BalasHapus
  73. Makasih atas infonya bro....

    BalasHapus
  74. Lagi belajar SEO mode on.. Terima kasih infonya...:)

    BalasHapus
  75. wahh lumayan banget nich gratisan,thanks ya atas infonya....

    BalasHapus
  76. hmmm,,,
    info yang sangat bermanfaat nich,,, sipp dech makasih atas infonya....

    BalasHapus
  77. owh jadi gitu,ternyata lumayan juga seo tool,,,
    thanks atas infonya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  78. lumayan nich buat pelanggan gratisan seperti saya...!!!

    BalasHapus