Memperbaiki Struktur Blog

Struktur blog bukan hanya berkenaan dengan pengkodean template, namun harus dipandang sebagai keseluruhan sistem yang terintegrasi di dalam blog itu sendiri, seperti pengaturan, semantik, dan sebagainya. Ketika kita terfokus bahwa struktur blog merupakan sebuah pengkodean semata, maka jangan heran jika upaya keras yang kita lakukan hanya berkisar antara utak-atik untuk mendapatkan peringkat utama dalam hasil organik (baca kembali posting tentang pemahaman yang saklak tentang SEO).

Apakah Optimasi Blog mengada-ada, dengan selalu menghubungkan sesuatu dengan SEO? Saya tidak mengada-ada & ini mempunyai dasar sesuai dengan panduan umum Search Engine Optimization (SEO), dimana struktur blog adalah salah satu item yang mesti diperhatikan. Item dasar telah diterbitkan sebelumnya pada posting judul dan deskripsi dalam blog.

Untuk URL (Uniform Resource Locator) saya rasa semua blogger sudah mengenal & paham. Jika judul posting dikustomisasi dengan baik, maka alamat posting (permalink) yang terbentuk akan baik pula. Hindari bagi sejumlah permalink yang memasukkan kata kunci berulang-ulang (ditandai dengan URL berwarna merah) dan sama serta serupa pada sub domain atau root direktori yang berbeda (warna hijau).

h**p://namablog.blogspot.com/2012/11/seo-blog-seo-blog-seo-blog.html
h**p://namablog.blogspot.com/p/struktur-blog.html
h**p://namablog.blogspot.com/2012/11/struktur-blog.html

Membuat sebuah blog mudah untuk dinavigasi bukan berarti blog harus tampil minimalis. Selama pengguna & mesin penelusur dapat membaca dengan baik, maka blog tersebut dapat dikategorikan mudah untuk dinavigasi. Pemanfaatan beberapa elemen untuk membuat menu utama dan pengarsipan mempunyai nilai tersendiri untuk membantu pengguna menjelajahi konten. Bredcrumbs pun tidak jarang sebagai tolak ukur kemudahan bagi pengguna untuk menavigasi isi suatu halaman, terutama pada halaman yang kompleks. Mudah dinavigasi juga bermakna bahwa tautan-tautan — menu utama, arsip, bredcrumbs— tersebut aksesibel jika diklik (clickable). Ia akan mengarahkan pada halaman yang sesuai & tepat. Bagaimana jika alamat taut yang diklik tersebut tidak ada atau telah dihapus? Tempatnya adalah di halaman tidak ditemukan atau istilah kerennya “error404”.

Keberadaan peta situs (sitemap) sederhana yang merujuk ke semua halaman atau halaman yang penting (jika kita memiliki ratusan bahkan ribuan) di dalam blog dapat berguna. Hal ini akan sangat membantu pelacakan agar mesin penelusur menemukan halaman yang relevan. Silakan baca kembali posting tentang cara submit sitemap.

h**p://namablog.blogspot.com/sitemap.xml

Berikan kemudahan bagi pengguna untuk memindai & menjelajahi blog kita, jangan abaikan apa yang menjadi kebutuhan mereka. Sedangkan mesin pencari telah mendapat bagian tertentu — apa yang harus dan tidak boleh diindeks — dengan bantuan peta situs (sitemap).

36 komentar untuk “Memperbaiki Struktur Blog”

  1. ketika blog ganti domain ke domain sendiri berapa lama google mengindex kembali gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Samehadaku — Merangkak dan mengindeks adalah proses yang dapat memakan waktu serta bergantung pada banyak faktor, seperti halaman apa saja yang boleh diindeks, bagaimana halaman tersebut diindeks, dan sebagainya. Secara umum, kita tidak bisa membuat prediksi atau menjamin kapan atau apakah URL akan dirayapi atau diindeks.
      Ketika kita menggunakan pekakas webmaster, pastikan domain telah terdaftar dan diverifikasi. Kemudian tambahkan sitemap yang dapat membantu mesin penelusur mempelajari situs web atau blog kita. Dan yang perlu diingat, itupun belum tentu menjamin pengindeksan atau meningkatkan peringkat sebuah situs web atau blog.
      Intinya kita telah melakukan usaha agar situs web atau blog dapat terindeks oleh mesin telusur, dimana perlakukan yang diberikan harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku di tiap mesin telusur.

      Hapus
  2. jika blog sudah diatur di templetenya truz mau ganti desaign yang lain / lebih bagus

    apakah kita perlu setting ulang lagi settingannya,
    cth: cara untuk daftar di google webmasternya

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Andieshinigami — Selama situs web atau blog terdaftar di perkakas webmaster, kita tidak perlu melakukan pengaturan ulang. Syaratnya, meta verifikasi tidak hilang dan jangan lupa sitemap harus benar (sitemap.xml berbeda dengan tampilan HTML template).
      Perhatikan pula kode yang tersusun pada <head>, terutama berkenaan dengan meta, siapa tahu terdapat beberapa markah yang semestinya tidak harus dimasukkan. Oleh karena dikhawatirkan akan bertabrakan dengan pengaturan sebelumnya, seperti pengaturan pada “preferensi penelusuran” dan sebagainya.

      Hapus
  3. Walah walah hehehehehe ini mah bukan struktur blog, struktur permalinks...... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Jefry — struktur blog bukan hanya selalu dikategorikan kepada pengkodean template. Ketika bicara sistem, maka ia meliputi semua aspek yang berkenaan dengan situs web atau blog itu sendiri, termasuk diantaranya URL dan kemudahan dinavigasi (paragraf pertama). Ini adalah sorotan keutamaan yang mungkin tidak berpengaruh dengan segala bentuk algoritma atau apalah namanya.
      Mungkin nanti ada sesi tersendiri untuk optimalisasi elemen didalamnya atau dikenal dengan istilah “Content”.

      Hapus
  4. agar blog lebih menarik kita bisa cari info lagi dmn ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Template Booklet — Maaf, maksud “blog lebih menarik” seperti apa?

      Hapus
  5. Maaf Saya baru belajar blog jadi masih bingung tentang blog, sebagai bahan pembelajaran awal saya mencoba membuat beberapa akun blog dan coba untuk edit2 template sampai lupa masing2 blog udah saya ganti berapa template hingga menerapkan beberapa artikel tentang SEO dari blog2 hasil search digoogle.

    pertanyaan saya kenapa dari beberapa blog saya ada kelainan?

    Contoh saja blog saya yang :
    http://kesitus.blogspot.com
    - setiap posting tunggu beberapa jam untuk keindex ke google
    - tapi sudah dapat sitelink dari google
    - waktu aku coba cek backlink pake backlinkwatch itu ada beberapa backlink

    Kalo blog yang :
    http://cholenk.blogspot.com
    - setiap posting hanya butuh beberapa detik langsung keindek google
    - untuk sitelinknya koq aneh malah nampilin blogku lain sama aboutme aja
    - untuk backlink aku cek pakai backlinkwatch tidak ada sama sekali backlinknya padahal tiap kali aku submit itu bersamaan sama blogku kesitus

    Untuk sementara itu dulu yang saya pertanyakan mohon di kasih tahu dimana letak kesalahannya n ditunggu jawabannya.

    Makasih banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Cholenk Shaputra — Tidak ada kelainan dikedua blog tersebut. :)
      Untuk indeks tanggapan yang sama telah diberikan untuk @Samehadaku. Walaupun menggunakan template yang sama tidak menjamin waktu perayapan akan sama pula.
      Sitelink merupakan tampilan taut lain yang relevan dan mungkin bermanfaat bagi pengguna sebagai jalan pintas untuk menemukan informasi yang mereka cari. Jika sitelink menghasilkan taut ke blog lain, saya juga kurang tahu secara pasti, mungkin kedua blog tersebut memiliki kesamaan karakteristik, sama author, sama akun, dan sebagainya, dimana satu sama lain saling terkait. Untuk upaya membuang sitelink yang menurut pengelola blog tidak relevan dapat menggunakan fasilitas “demote” pada perkakas webmaster. Dan hasilnya pun tidak menjamin sitelink tersebut akan hilang, namun ia akan menjadi rekomendasi kuat bagi webmaster agar menyingkirkan tautan tersebut.
      Backlink yang ditampilkan oleh google bukan jumlah backlink yang sesungguhnya, hal ini mungkin dimaksudkan agar meredam spam dan menjaga kerahasiaan suatu situs web atau blog dari para pesaing, terutama bagi situs-situs yang memberikan tautannya. Oleh karena hal itu, maka berimbas pula pada pelacakan sejumlah tool yang disediakan oleh aplikasi atau situs web lain. Jika ingin mengetahui jumlah backlink sebenarnya, kita dapat menggunakan perkakas webmaster untuk melacaknya dan tentu saja dengan akun resmi kita yang terdaftar pada layanan tersebut.

      Hapus
  6. struktur blog saya sudah oke ga yah....

    BalasHapus
  7. kunjungan perdana saya kang sekalian baca baca artikelnya yang sangat membantu,,wah hampir satu jam saya di blognya kang baca baca tipsnya,,,

    BalasHapus
  8. Makasih banyak atas infonya gan.

    BalasHapus
  9. makasih banyak nih gan buat infonya

    BalasHapus
  10. blog saya suka ke indeks dua alamat, apa itu kurang bagus kontennya ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Berita Terkini — Lho, kok bisa seperti itu

      Hapus
  11. Berarti kecepatan loading blog menjadi tolak ukur bagi google juga ya Mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Abed Saragih — Boleh jadi demikian. Walaupun setelah beberapa periode hal itu belum menunjukkan perubahan yang berarti, setidak-tidaknya kita telah memberikan yang terbaik bagi pengguna. Oleh karena itu, bukan menjadi alasan bagi pengelola untuk tidak memperhatikan kecepatan situs web atau blog yang ia kelola Using site speed.

      Hapus
  12. Thanks Infox gan.
    http://info-sekawan.blogspot.com/

    BalasHapus
  13. Slamat pagi gan
    saya mau tanya bagaimana cara memperbaiki blog saya udah hampir 2 mingguan turun dari halaman pertama google,saya dapat melihat di webmaster tool ada tanda(robots.txt fecth !)trus dibawahnya isi tulisan "Google couldn't crawl your site because we were unable to access the robots.txt file.robots.txt. padahal saya coba update tiap hari.apakah ada yang salah dalam blog saya ???http://desaksumiati.blogspot.com tolong penjelasanny....trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Desak Sumiati — Rumit, karena sebelumnya saya belum pernah mengalami hal ini untuk halaman blog secara keseluruhan. Contoh penerapan google bot agar tidak mengindeks seluruh halaman blog:

      User-agent: Googlebot
      Disallow: /

      Contoh untuk melarang semua bot mengindeks seluruh halaman blog.

      User-agent: *
      Disallow: /

      Sebaliknya jika ingin halaman blog tetap terindeks, hapus teks di atas pada file robots.txt. Apakah dengan begitu akan langsung terhapus? Tidak, kenyataannya webmaster membutuhkan waktu untuk merayapi kembali robots.txt yang baru saja kita modifikasi. Amati “Blocked URLs” pada perkakas webmaster. Sebagai tambahan periksa validitasi robots.txt melalui robots.txt Checker (atau layanan lain). Masukkan http://namablog.blogspot.com/robots.txt, kemudian klik tombol Check robots.txt

      Sebagai testing apakah halaman blog tidak diblok lagi, coba Fetch as Google — perkakas webmaster — salah satu alamat dari posting kita. “Success” atau “Denied by robots.txt”

      Hapus
  14. submit sitemap mungkin belum pernah saya lakukan.. :)

    BalasHapus
  15. robot.txt tuh fungsinya buat apa sih gan... saya kalo bikin site map, gak pernah beres om, yang muncul hanya teks/script gak jelas... kira-kira kenapa itu om?

    BalasHapus
    Balasan
    1. @mobil mewah — robots.txt berguna untuk melarang pengindeksan pada URL tertentu yang menurut pengelola blog tidak perlu dirayapi, seperti posting review (posting dibayar) dan sebagainya. Contoh:
      Saya berisi posting review tentang produk SEO dengan URL http://namablog.blogspot.com/2012/11/SEOpruduct.html, kemudian saya tidak ingin halaman tersebut dirayapi, maka saya isikan pada robots.txt

      User-agent: *
      Disallow: /2012/11/SEOpruduct.html
      Sitemap: http://namablog.blogspot.com/sitemap.xml

      Sitemap (peta situs) pada dasarnya berisi URL dari posting awal sampai akhir dan tanggal modifikasi posting tersebut dalam format xml (eXtensible Markup Language). Format peta situs telah terdapat pada Blogger™, sehingga tidak perlu menggunakan tool apapun untuk me-regenerasi. Adapun sitemap dimaksud adalah sebagai berikut (ganti nama blog dengan blog Anda):

      http://namablog.blogspot.com/sitemap.xml

      Atau jika menggunakan domain sendiri:

      http://namablog.com/sitemap.xml

      Hapus
  16. ini gan , saya mau sedikit bertanya , saya punya problem nih , tentang meta duplikasi , sudah ikutin dari banyak cara2 yg di share dari berbagai blog , tp duplikasi meta deskripsi blog saya yg ganda tidak berkurang , dan semakin banyak.. ada kah solusi yg tepat ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. @oSourCe — Agak susah memaparkan tanggapan yang berkenaan dengan pengkodean pada formulir komentar. :)
      Meta deskripsi biasanya berada pada markah <b:include data='blog' name='all-head-content'/>. Meta deskripsi yang dimasukkan didalamnya adalah deskripsi blog dan posting. Dulu Blogger™ tidak menambahkan meta deskripsi pada posting, mungkin ini yang menyebabkan beberapa posting terdahulu terjadi duplikasi deskripsi. Jika posting sedikit mungkin wajar apabila kita menambahkan satu demi satu meta deskripsi, tapi kalau banyak mungkin akan kesulitan. Sebenarnya template defaul Blogger™ telah memasukkan item tersebut dalam pengkodeannya (untuk menghindari duplikat pada meta deskripsi posting).

      <b:if cond='data:blog.metaDescription == ""'>
      <!-- Then use the post body as the schema.org description, for good G+/FB snippeting. -->
      <div class='post-body entry-content' expr:id='"post-body-" + data:post.id' itemprop='description articleBody'>
      <data:post.body/>
      <div style='clear: both;'/> <!-- clear for photos floats -->
      </div>
      <b:else/>
      <div class='post-body entry-content' expr:id='"post-body-" + data:post.id' itemprop='articleBody'>
      <data:post.body/>
      <div style='clear: both;'/> <!-- clear for photos floats -->
      </div>
      </b:if>


      Pengkodean di atas berada pada markah berikut, dengan mengakomodasi format microdata BlogPosting (Schema.org)

      <div class='post hentry' itemscope='itemscope' itemtype='http://schema.org/BlogPosting'>

      Dulu pengkodeannnya sebagai berikut:

      <div class='post-body entry-content'>
      <data:post.body/>
      <div style='clear: both;'/> <!-- clear for photos floats -->
      </div>


      <div class='post hentry'>

      Dengan mengaplikasikan pengkodean Blogger™ terkini, insyaAllah meta tag description pada posting tidak akan muncul.
      Sedangkan yang menjadi kendala sekarang adalah meta deskripsi pada label sama dengan deskripsi blog. Terus terang saya belum bisa menjawabnya, karena saya sendiri bermasalah dengan hal itu. Memecah <b:include data='blog' name='all-head-content'/> dalam beberapa pengkodean dan memasukkan label sebagai halaman yang tidak perlu diindeks pada robots.txt (Disallow: /search/label/)rasanya bukan langkah yang tepat (menurut saya). Sehingga duplikasi deskripsi pada label, saya abaikan terlebih dulu, sambil mencoba untuk melakukan beberapa percobaan berkaitan dengan hal tersebut.

      Hapus

  17. waduh jadi pengen nanya juga nih mas

    apasih perbedaan fungsi dari robot.txt dan robots header tags mas?

    trus boleh dong minta tips setting robots header tags yang baik?

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Bambang — Sebenarnya pertanyaan Anda berkaitan dengan bahan posting yang nantinya akan diterbitkan “Berhubungan dengan Perayapan”, tapi tidak mengapa jika ditanyakan lebih dulu. :(
      robots header meta tags lebih ditujukan bagi pengindeksan halaman secara umum, hampir mirip dengan robots.txt tapi tidak secara khusus merujuk kepada suatu halaman tertentu (granular), Seperti halaman beranda, arsip dan penelusuran, serta posting dan halaman statis.

      Tipsnya cukup sederhana, tanpa menyertakan penjelasan detail, saya mengaturnya sebagai berikut:
      Home page, all dan noodp.
      Archive dan Search Pages, noindex, noarchive, dan noodp.
      Default for Posts and Pages, all dan noodp.

      Sedangkan secara khusus saya tambahkan pada robots.txt. Untuk mengetahui apa saja yang dimasukkan didalamnya, ketik pada peramban http://namablog.blogspot.com/robots.txt

      Hapus
  18. info kaya gini yang di cari para bloger

    BalasHapus
  19. Selain itu berpengaruh juga terhadap index google ya gan?

    BalasHapus
  20. gan kalau boleh tahu noodp itu artinya apa yah gan? kurang paham :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Riki Siswanto — pengertian sederhananya adalah hasil pencarian pada mesin penelusur tidak harus sesuai dengan meta deskripsi. Ia bisa pula menghasilkan kata atau kalimat dari isi konten lain yang relevan pada blog yang bersangkutan.
      Misalnya deskripsi blog “tips blogging untuk blogger pemula atau blog baru”. Ketika pengguna mengetik kata kunci tertentu — seperti “tips seo pada posting blog” — kebetulan blog kita terindeks pada hasil pencarian, maka kata atau kalimat dibawah taut judul mungkin berupa penggalan dari deskripsi blog, posting, label, dan sebagainya yang melibatkan serta relevan dengan sejumlah kata kunci tersebut. Mungkin hasilnya akan terlihat sebagai berikut:

      Judul Blog atau Judul Posting
      Alamat blog atau alamat posting
      Tips blogging untuk blogger pemula
      SEO pada struktur blog dan posting terbaru yang istimewa…
      SEO Blog - Tips Blogging - Laman

      Bahkan yang lebih ekstrim hasil pencarian tidak sedikit pun menyentuh meta deskripsi, tetapi masih dalam satu kesatuan yang dianggap mesin penelusur relevan, seperti pada <post-footer>:
      Posting ini diterbitkan oleh saya pada 26 November 2012 dalam label SEO Blog, Tips Blogging. Telah terdapat 33 komentar…”

      Hapus
  21. Admin, ijin nanya..!
    Kalau menghilangkan widget di url tertentu gimana cara nya?
    DShare 33

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Moch fadhil — coba baca posting Membuat Halaman Arsip tanpa JavaScript, sepertinya akan menjawab pertanyaan tersebut dengan lengkap.

      Hapus
  22. makasih infonya,, moga bisa membuat blog saya menjadi lebih maju

    BalasHapus