loading...

Meningkatkan Trafik Blog melalui Blog Directory

// 24 komentar

Blog directory berfungsi sebagai salah satu cara untuk promosi blog kamu. Prosedurnya hanya dengan mendaftarkan blog kamu ke berbagai web directory secara manual. Hal tersebut dilakukan karena tidak semua pengunjung blog melakukan pencarian melalui search engine, namun mereka memilih suatu web directory yang khusus meng-kategori-kan blog sesuai dengan kategorinya masing-masing (ex : SEO Marketing, Personal, Internet, dan lain-lain). Proses pemilihan blog directory pun perlu mendapat perhatian, seperti web directory mana yang sering dikunjungi, pagerank web directory, dan sebagainya. Agar memudahkan kamu dalam melakukan filter terhadap blog directory, di bawah ini merupakan daftar beberapa blog directory gratis yang bisa kamu pertimbangkan :

[ Baca selengkapnya ]

Etika Bertukar Link (Link Exchange)

// 22 komentar

Selain rajin mengunjungi blog lain dan memberikan komentar pada suatu posting tertentu, bertukar link juga marak dilakukan. Hal tersebut dilakukan dalam upaya mem-promosi-kan blog. Seperti yang telah diuraikan dalam kualitas link bahwa diusahakan semaksimal mungkin untuk menentukan link yang sesuai dengan tema dan keyword blog kamu. Cara singkat untuk mencari blog yang sesuai dengan tema dan kata kunci adalah dengan menggunakan mesin pencari. Carilah di search engine dengan kata kunci yang sesuai dengan blog kamu, kemudian kunjungi blognya. Baca dan pelajari informasi dalam posting, jika selesai membaca berikan komentar yang menurut kamu relevan dengan isi postingan tersebut. Dan apabila ia menyediakan halaman untuk bertukar link, manfaatkan kesempatan tersebut untuk berbagi.
[ Baca selengkapnya ]

Membuat Readmore

// 17 komentar

Readmore berfungsi untuk melakukan pemenggalan kalimat agar tampilan sebuah posting dapat dipersigkat. Hal ini mirip sekali dengan koran, artikel berita akan lebih padat dan beragam, sehingga pembaca tidak merasa bosan untuk menikmatinya. Begitu pula dengan postingan sebuah blog, defaulnya posting akan menampilkan seluruh entry dalam sebuah judul posting. Coba bayangkan jika sebuah posting yang panjang ditampilkan, tentu menyita ruang untuk posting lainnya. Padahal posting lain yang kamu masukkan tidak kalah penting dengan posting yang panjang tadi.
[ Baca selengkapnya ]

SEO | Optimasi Kualitas Link dalam Blog

// 41 komentar

Walaupun tidak seheboh optimasi dalam blog (title, keyword, dan sebagainya), namun link mempunyai bagian tersendiri dalam menentukan peringkat pencarian oleh search engine. Semakin banyak orang yang me-link, berarti suatu blog dinilai memiliki konten yang bagus dan menarik. Hal ini pada akhirnya akan berpengaruh pada meningkatnya PageRank (PR) blog tersebut. Banyaknya link dalam suatu halaman situs disebut juga dengan istilah "Link Popularity".

Pada kasus lain, link tidak akan mampu menaikkan PR. Mengapa? Sebab walaupun banyak link yang yang merujuk ke suatu halaman blog kamu, tapi tanpa melihat kualitas dari link tersebut, sama saja dengan link kosong. Artinya jika hanya kuantitas (jumlah) link yang diutamakan oleh search engine, maka setiap situs atau blog tidak akan pandang bulu untuk me-link ke semua situs atau blog lain. Toh, dengan begitu PR dapat meningkat. Tapi kenyataan berkata lain,yakni kamu perlu memilih dan memilah situs atau blog mana yang sesuai dengan tema serta keyword blog kamu. So, bagaimana menentukan link yang berkualitas tersebut?

Berkaca dari paragrap di atas, kamu mungkin memiliki puluhan link ke blog kamu, tapi jika link tersebut tidak sesuai dengan tema dan keyword blog kamu atau tidak ada korelasi dengan blog kamu, tentunya tidak akan pernah juga berpengaruh pada kecepatan peningkatan PR blog kamu.

Illustrasi :
Tema blog adalah SEO dengan keyword tips seo, belajar seo. Yang me-Link blog kamu bertema MP3 dan video bokep.

Berikut point-point agar blog mendapatkan link yang berkualitas, sehingga mampu meningkatkan PR blog tersebut :

  • Link dari suatu website atau blog seharusnya mempunyai kandungan tema dan keyword yang sesuai dengan blog kamu (ex : Tema blog-A tentang seo marketing, kemudian di-link oleh blog-B yang bertema tips seo).
  • Kata dari sebuah link harus sesuai dengan keyword kamu.
  • Link yang terdapat dalam suatu paragrap halaman, diikuti dengan kata yang terkait.
  • Title penghubung halaman blog pun harus memiliki korelasi dengan keyword kamu.

Contoh :
Keywordnya adalah SEO dan mesin pencari

Banyak orang mendengar tentang SEO, namun tidak jarang ada yang belum mengetahui tentang apa manfaat dan <a href="h**p://namablog.blogspot.com/tips-seo.html>tips SEO</a> tersebut.  Search Engine Optimization atau yang lebih familiar disebut <a href="http://id.wikipedia.org/wiki/SEO">SEO</a> adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik dari <a href="h**p://namablog.blogspot.com/daftar-mesin-pencari.html" title="mesin pencari">mesin pencari</a> menuju alamat situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja alami algoritma <a href="http://optimasi-blog.blogspot.com">mesin pencari</a> tersebut. Tujuan spesifik SEO adalah <a href="http://id.wikipedia.org/wiki/SEO">klik disini</a> untuk lebih detail atau menempatkan suatu alamat situs web pada posisi teratas (atau setidaknya pada halaman pertama) hasil pencarian berdasarkan subyek tertentu. (Wikipedia.org)

Dari contoh di atas, mana penempatan link yang tepat untuk menghasilkan link yang berkualitas?

Link yang tepat :

  • <a href="h**p://namablog.blogspot.com/tips-seo.html>tips SEO</a>
  • <a href="http://id.wikipedia.org/wiki/SEO">SEO</a>
  • <a href="h**p://namablog.blogspot.com/daftar-mesin-pencari.html" title="mesin pencari">mesin pencari</a>

Sedangkan link yang kurang tepat :

  • <a href="http://optimasi-blog.blogspot.com">mesin pencari</a>
  • <a href="http://id.wikipedia.org/wiki/SEO">klik disini</a>

Sekarang sudah tahu khan, cara membuat dan menganalisa link yang mempunyai kualitas meningkatkan pagerank blog kamu. Selamat meng-optimasi kualitas link...

[ Baca selengkapnya ]