loading...

Etika Berkomentar dalam Posting Blog

// 36 komentar

Ketika Anda mengunjungi sebuah blog, bukan tidak mungkin menemui satu atau lebih posting yang menarik perhatian. Namun Anda tidak memiliki kapasitas untuk meninggalkan komentar relevan, sebaiknya jangan dipaksakan untuk berkomentar. Oleh karena komentar yang Anda tinggalkan boleh jadi tidak merupakan sebuah asupan yang berarti bagi pengelola blog atau penulis posting atau pengunjung lain, bahkan bagi posting itu sendiri. Sehingga tidak jarang dianggap sebagai — eksplisit — komentar spam.

[ Baca selengkapnya ]

Online Tool yang Membantu dalam Blogging

// 17 komentar

Di samping mengandalkan kemampuan & keterampilan sendiri — diperoleh melalui belajar maupun pengalaman — tidak terlepas pula dengan kebutuhan alat bantu untuk mendukung blogging. Dari sekian banyak situs web yang membantu aktivitas blogging, terdapat beberapa yang menyediakan tool secara online. Nah, berikut sedikit deskripsi dari beberapa online tool yang membantu “Optimasi Blog” dalam menghasilkan karya-karyanya.

[ Baca selengkapnya ]

Memodifikasi Tanggal Posting (date-header)

// 6 komentar

Tanggal Kalender

Pernah melihat hal yang menarik pada tanggal posting (date-header)? Atau kebanyakan tidak melihat, oleh karena tidak jarang elemen ini dihilangkan? Date Header merupakan kepala (judul) tanggal yang terdiri dari satu atau lebih posting, dimana mereka diterbitkan pada tanggal yang sama. Seandainya hari ini — 21 Oktober 2012 — Anda dapat menerbitkan sebanyak dua posting, maka kedua posting tersebut akan memiliki kepala tanggal 21 Oktober 2012.

[ Baca selengkapnya ]

Mendaftar dan Mengalihkan Feed via FeedBurner

// 10 komentar

Ketika kita sedang blog walking atau mengunjungi blog narablog lain, tidak jarang kita menemukan taut langgan (subscribe). Bentuk taut berlangganan pun bermacam-macam, seperti membuat form belangganan melalui email atau hanya menggunakan teks jangkar. Feed memudahkan pengunjung untuk mendapatkan pembaharuan terbaru dari posting dalam blog kita — baik melalui email atau pengumpul feed (umpan) — sehingga layak bagi pemilik blog untuk mengaktifkan layanan tersebut. Ironisnya, tidak jarang kita menemukan taut berlangganan yang masih menggunakan bawaan default blog & ketika di klik oleh pengguna, ia tidak mengarahkan pada suatu layanan — kecuali peramban kesayangan mereka mengakomodasinya — tetapi malah mengunduh isi feed tersebut.

[ Baca selengkapnya ]