loading...

Tips Search Engine Optimization (SEO) pada Blogger.com

Terlebih dulu saya mengucapkan terima kasih kepada Saudara Indra (arek raos) yang telah memanfaatkan form kontak untuk menanyakan sesuatu kepada kami. Pertanyaan Anda telah sampai kepada kami & semoga posting ini menjadi penawarnya. Agar lebih mudah dalam pendeskripsian, Search Engine Optimization selanjutnya akan kita sebut “SEO”.

Perlu menjadi catatan bahwa saya bukan pakar SEO atau sejenisnya, namun hanya sebagai perpanjangan tangan informasi yang pernah didapat melalui berbagai sumber. Pokok bahasan ini kita batasi tentang pemanfaatan SEO pada Blogger.com & jika terdapat beberapa kejanggalan atau pendapat yang berbeda, dapat kita diskusikan bersama pada kolom komentar.

Kenali Blog Anda, sebelum Anda ‘menyentuh’ SEO

Sebelum melangkah lebih jauh, sebaiknya kita terlebih dulu kenal dengan blog yang kita kelola. Blog tersebut akan banyak bercerita tentang apa? komputer, internet, tutorial, desain web, cerpen, puisi, atau hal-hal yang lain. Artinya disini kita perlu sebuah tema yang akan kita angkat dalam bentuk catatan di web. Apabila sebuah blog memiliki tema tertentu, maka the next step akan lebih mudah untuk melakukan kustomisasi SEO.

Pemilihan tema yang tepat, akan menghasilkan sasaran yang tepat pula. Dengan syarat, kita selalu mempertimbangkan pesaing (kompetitor) yang memiliki tema serupa. Semakin umum sebuah tema, maka semakin banyak terbuka peluang untuk saling berkompetisi.Yah, tentu saja dengan sasaran yang lebih banyak pula. Sebaliknya, tema yang lebih khusus menyebabkan kompetisi akan berkurang & sasaran akan semakin sedikit.

Jika kita membuat blog untuk jangka waktu yang panjang sebaiknya pemilihan tema bisa lebih khusus, bahkan sangat khusus. Tinggal usaha kita untuk mempopulerkan tema tersebut agar dapat diterima oleh orang lain, terutama insan online. Anda tidak memiliki waktu sepanjang itu, maka bersiap-siaplah dengan tantangan para kompetitor yang sudah barang tentu berusaha untuk tampil menjadi nomor 1 (satu) dalam halaman hasil pencarian pada setiap mesin pencari. It's Your Choice.

Optimalisasi Template agar lebih SEO Friendly

Pada tahap ini, pengetahuan & pemahaman tentang koding sangat dibutuhkan. Bagaimana kalau di “copas” saja? Saya tidak menyalahkan langkah tersebut, tetapi ketika suatu pengkodean dari web/blog sumber ada yang keliru—mungkin disebabkan oleh ke-khilaf-an author ketika menulis—tentu kode kita akan menjadi keliru pula.

Adapun secara garis besar langkah-langkah SEO pada tahap ini, antara lain:

  • Usahakan kata kunci utama berada pada posisi pembuka & penutup blog. Sebagai pembuka berarti berkenaan dengan kepala (header), sedangkan penutup berkenaan dengan kaki (footer) blog.
  • Merubah markup title
    <title><data:blog.pageTitle/></title>
    menjadi
    <b:if cond='data:blog.homepageUrl == data:blog.url'>
    <title><data:blog.title/></title>
    <b:else/>
    <title><data:blog.pageName/> | <data:blog.title/></title>
    </b:if>
    Arti dari markup di atas lebih kurang seperti ini, jika yang ditampilkan adalah halaman posting, maka title blog adalah judul posting diikuti dengan title blog. Jika tidak, maka title blog adalah title blog itu sendiri.
  • Menambah meta tag, letakkan saja di bawah title seperti pada point di atas.
    <meta content='deskripsi tentang blog Anda' name='description'/>
    <meta content='keyword1,keyword2,keyword3,…' name='keywords'/>
    <meta content='INDEX, FOLLOW' name='robots'/>

    Update (27 September 2012): Lihat simpulan pada posting Kustomisasi Setelan pada Preferensi Penelusuran.

  • Kustomasi kata kunci pada footer blog, contoh:
    <p style="font-weight:bold">kata kunci blog Anda</p>
    Atau Anda dapat berkreasi dengan gaya lain, seperti menambahkan kata kunci pada copyright & sebagainya.
  • Kustomisasi (X)HTML ((eXtensible) HyperText Markup Language) pada atribut main, widget id Blog1. Custom yang dilakukan pada area ini dapat berupa: pengaturan heading (h1 sampai h6), paragraf, ordered list & unordered list, dan sebagainya. Dengan harapan posting kita akan tampak lebih semantik—bukan hanya sekedar memberikan tanda—namun lebih jauh akan memberikan suatu makna tersendiri bagi pembaca (mendukung keterbacaan).
  • Mengatur template agar user friendly. Buang widget-widget yang dirasa tidak perlu untuk ditampilkan. Minimal sebuah blog berisikan elemen-elemen identitas blog, posting, alur waktu yang terurut, arsip, & formulir komentar.
  • Mengatur posisi kode elemen main (bagian posting) di atas kode sidebar. Jika kita pernah melihat posisi sidebar berada di sebelah kiri, bukan berarti kode elemen main (bagian posting) berada di bawah kode sidebar. Nah, ini yang saya maksud bahwa kita perlu mempelajari & memahami pengkodean, baik CSS (Cascading Style Sheets) maupun HTML (HyperText Markup Language).

Membuat Posting dengan hati SEO

Mungkin kedengaran agak asing. Anda telah memiliki suatu tema & usahakan tema tersebut sebagai acuan untuk membuat posting. Ilustrasi, ketika Anda mengikuti upacara bendera, bertepatan pada saat itu bendera merah putih akan dinaikkan. Lagu apa yang Anda dengar? Betul, “Indonesia Raya” & bukan lagu “Balonku Ada Lima”.

Sampai ke tahap ini, Anda sama sekali belum berhadapan langsung dengan yang namanya SEO. Why? Karena kita akan mencoba untuk menyentuhnya terlebih dulu. Aktivitas yang akan kita lakukan pada tahap ini meliputi:

  • Membuat posting buah karya sendiri yang sesuai dengan tema blog. Setidak-tidaknya blog telah dipersiapkan dengan posting sejumlah 7–10 postingan.
  • Posting sebaiknya menggunakan bahasa Indonesia yang baik. Tidak ada salahnya, bukan? Pengunjung bukan hanya berasal dari negara asal penulis, sehingga tindakan ini dapat menjadi antisipasi ke-salahtafsir-an berbagai fitur penterjemah. Terkecuali Anda memiliki target pembaca tertentu.
  • Usahakan posting seakan-akan mengajak pembaca untuk berinteraksi di dalamnya. Tidak mencari pembenaran, tetapi mencari kebenaran atas suatu pokok bahasan yang diuraikan. Sulit? Rajin-rajinlah membaca karya orang lain, bukan untuk di “copas” tetapi untuk dipelajari tata bahasa, irama, dan struktur bacaannya.
  • Posting bukan hanya dinikmati oleh diri sendiri, namun lebih luas mencakup seluruh aspek, Anda, pembaca, dan mesin. Mesin? Yah, jika mesin tidak dapat membaca, bagaimana halaman blog kita muncul pada hasil pencarian.
  • Tambahkan alt pada image (gambar) yang include dalam postingan, karena gambar tidak dapat dibaca. Nah, dengan menambahkan alt dalam markup image, kita memberikan alternatif teks yang dapat memaknai arti gambar tersebut.
  • Tautkan posting dengan posting lain, jika terdapat keterkaitan & hal tersebut dianggap membantu pengunjung untuk memahami bacaannya. Terkadang kita menemui kata atau frase kata yang memiliki tautan tertentu, tetapi seharusnya hal itu tidak perlu dilakukan (dipaksa untuk bertaut). Jangan lakukan tindakan tersebut!
  • Jangan menerbitkan posting 4–5 postingan dalam sehari (apalagi lebih), karena kemungkinan blog Anda akan dianggap sebagai SPAM. Lakukanlah penskedulan posting, walaupun kita dapat menulis 10 posting dalam sehari. Posting terjadwal dapat berarti mengatur tanggal terbit posting. Anda dapat menemukannya pada saat membuat posting & memilih opsi posting (“Post Options”) tepat berada di bawah form editor (penulisan posting).
  • Mungkin ada sebagian yang berpendapat, memberikan tanda-tanda tertentu pada teks yang menjadi kata kunci akan meningkatkan SEO, seperti memberi huruf tebal (bold), miring (italic), pewarnaan yang berbeda (color dan/atau background), dan sebagainya.

Mendaftarkan Blog ke beberapa Mesin Pencari

Setelah kita melakukan beberapa tahapan seperti di atas, maka mulailah kita berhadapan dengan SEO. Kita telah memiliki senjata, amunisi yang cukup, dan perangkat pendukung. Bagaimana cara mendaftarkan blog ke beberapa mesin pencari? Anda dapat membaca pada posting sebelumnya, seperti: mendaftar di google, yahoo, dan bing

Update (07 Nopember 2012): Untuk cara mendaftarkan situs web atau blog ke beberapa mesin penelusur lihat pada posting Mendaftarkan Situs Web atau Blog ke Google, Yahoo dan Bing.

Generalisasi

Berdasarkan pokok bahasan di atas, mungkin ini hanya merupakan tahap awal untuk mengoptimalkan sebuah blog dalam mesin pencari. Kita pun belum bisa mengetahui secara pasti hasil pencarian setelah melakukan tahapan-tahapan tersebut. Bukan hanya berhubungan dengan kompetitor, tetapi terkait pula pada relevansi sebuah blog yang dikategorikan masuk dalam daftar pencarian serta—mungkin—umur blog. Namun yang pasti, kita telah melakukan usaha SEO pada blog kita. Terlepas dari itu semua, ini merupakan posting permulaan untuk memperkaya pengetahuan kita tentang langkah demi langkah menuju SEO & tidak menutup kemungkinan akan terbit artkel lain yang menjadi kelanjutannya. Keep your eyes on Optimasi Blog.

Ingat! Tema, deskripsi, dan keyword haruslah sesuai dengan apa terkandung dalam blog kita. Jangan menggunakan manipulasi apapun terhadap unsur-unsur yang saya beri huruf tebal. Pembaca akan senang jika ketiga unsur tersebut sesuai dengan apa yang dia pindai di dalam blog kita. Sebaliknya, ketidak-sesuaian akan mengundang pembaca untuk meninggalkan kesan antipati.

admin quote

235 komentar untuk “Tips Search Engine Optimization (SEO) pada Blogger.com”

  1. @belajar seo blogspot — Dapat pertamaxxx terkadang sangat menyenangkan, gan. Termasuk saya :)
    Salam SEO,
    n/b: Posting selanjutnya, saya tidak bakal keduluan lagi :D

    BalasHapus
  2. ini dia nih yang lagi saya cari, tapi aduh.. reibetnya minta ampun

    BalasHapus
  3. Saya telah memasukkan begitu banyak keyword di dalam meta tag. Apakah Google akan menganggapnya sebagai spam? Apakah Saya boleh menaruh meta tag di dalam posting?

    BalasHapus
  4. informasi yg oke!
    makasih udah berbagi...sukses selalu ya

    BalasHapus
  5. @Artikel Islami, @obat tradisional insomnia atau susah tidur, @obat tradisional kanker kelenjar getah bening, @obat kanker payudara — Terima kasih kembali atas kunjungan dan komentarnya, gan.

    @xampthone plusYah, memang agak ribet, gan. Kasus di Blogger.com memang membutuhkan sedikit kreativitas dalam hal SEO, namun saya memandang lebih kepada seni SEO :)

    @Tukang Pos — Tidak menjadi masalah jika agan memasukkan banyak kata kunci dalam meta tag. Asal suatu kata atau frase kata (kata kunci) jangan ditekan secara berulang-ulang lebih dari 2×.
    Menaruh meta tag dalam posting? Boleh, gan. Tapi dengan cara yang elegan, yakni dengan menambahkannya pada conditional tag:

    <b:if cond='data:blog.url == "[URL]"'>
    ...
    </b:if>

    Ganti [URL] dengan alamat posting blog agan, kemudian tambahkan meta tag di dalamnya (...).

    BalasHapus
  6. belajar SEO itu sulit ya klo belum tau dari akarnya,,,
    makasih bnyak ya infonya, semoga kedepannya saya bisa ngerti seo. heheh
    sukses sllu !!

    BalasHapus
  7. Berbagi Ilmu dan pengalaman untuk memahami dan menerapkan pelajaran SEO...

    Thanks ya...

    BalasHapus
  8. wah mantap artikelnya, jgn lupa dateng kembali ya
    http://planet-article08.blogspot.com/2011/09/ebook-guide-computer-teknisi.html

    BalasHapus
  9. artikel yang pas buat blog gw...thanks teman. Sekali-kali mampir ya ke blog saya.

    BalasHapus
  10. sangat membantu sekali untuk saya yang notabene belum tahu apa-apa tentang SEO..
    makasih bnyak udah banyak sahare yaa,

    BalasHapus
  11. maaf mas bro dan mbal bro, saya masih NKOTB (New Kids On The Blog) lah di dunia blogger. saya mau tanya gimana ya caranya biar blog saya rame.

    mohon wangsitnya...thk

    BalasHapus
  12. @cUantik Djelita Pacarku — Hm... Kalau mba ingin mendapatkan secara instan, mba sering-seringlah melakukan blog walking (BW), kemudian tinggalkan komentar yang berbobot (sesuai dengan isi artikel yang dibaca). Dan saya lihat blog mba masih minim posting dan kalau tidak salah membahas tentang “oriflame”, selingi posting dengan pokok bahasan yang lain tapi tetap menjurus ke tema mba. Misal kisah tentang mba ingin ke pesta teman, tapi tidak lupa menggunakan kosmetik (agar tidak malu-maluin) dan sebagainya. Jadi sebuah posting tidak melulu harus langsung mengarah kepada tema, adakalanya perlu sebuah narasi yang secara tidak langsung akan mengarah kepada tema.
    Lagian jika posting langsung ke inti tema, saya pun jadi sulit berkomentar di blog mba. Kurang ngerti dengan oriflame... :D

    BalasHapus
  13. Makasih bung atas tips-tipsnya tentang SEO,Saya sangat sadar bahwa untuk membuat blog sangat mudah tapi untuk menambah variasi diblog memang perlu banyak belajar,apalagi untuk dipasangkan SEO mungkin tampilan blog harus bagus dan sesuai dengan isi artikelnya.Tolong kirim trus dong tips-tipsnya tentang blog.Kalau bisa sekalian tuh sama video tutorialnya biar lebih cepat paham.makasih

    BalasHapus
  14. @abdoell: Untuk blog yang selalu dipasangkan dengan SEO, kayanya tidak harus,gan. Maksudnya mungkin untuk beberapa kondisi tertentu sebuah blog sudah SEO friendly. :)

    BalasHapus
  15. oke juga tips nya sangat bagus nie gan.......
    dan salam kenal aja deh.........

    BalasHapus
  16. mantap juga tips nya sangat bagus nie makasih yah........

    BalasHapus
  17. mantap mas ...blog nya biasa tapi ilmunya luar biasa...intinya adalah membantu newbie seperti saya...salam kenal mas...

    BalasHapus
  18. mumet mas tambah mumet belajar seo apalg kndala sprti sya g support sm pc ngblog aj ane pke hp tp ini jd pertimbgan trsndri saat sy kwarndt jd bsa mgkin blajar dari sini

    BalasHapus
  19. @xamthone: Salam kenal juga, gan.

    @obat alami asam urat:sama-sama, gan.

    @blog dibaca: Alhamdulillah jika artikel ini bisa mendatangkan manfaat, walaupun bukan ditulis oleh seorang yang ahli dibidangnya. :)

    @katils: Mungkin ngeblog dengan HP ada keterbatasannya, gan, seperti edit-edit template. Kecuali blog yang kita kelola khusus untuk melakukan aktivitas posting.

    BalasHapus
  20. terimakasih sob atas ilmu-ilmu yang telah diberikan,,

    BalasHapus
  21. dimana ya saya bisa mendownload template blog yang sudah valid HTML..

    BalasHapus
  22. @Kita Sehat: Sama-sama, gan.

    @Peternakan Ayam Broiler: Template agan sudah sangat bagus malah. Saya tidak tahu, gan. Karena kebanyakan template yang valid HTML dikustomasi sendiri. Dan lagi untuk kasus Blogger.com kemungkinan dari pihak developer ada penilaian tersendiri, gan—sehingga valid tidaknya suatu pengkodean dalam template tidak selalu merujuk ke W3C.

    BalasHapus
  23. @Aris Asmara : Saya suka quote anda "Ingat! Tema, deskripsi, dan keyword haruslah sesuai dengan apa terkandung dalam blog kita. Jangan menggunakan manipulasi apapun terhadap unsur-unsur yang saya beri huruf tebal. Pembaca akan senang jika ketiga unsur tersebut sesuai dengan apa yang dia pindai di dalam blog kita. Sebaliknya, ketidak-sesuaian akan mengundang pembaca untuk meninggalkan kesan antipati. Jangan lupa, pembaca bukan hanya orang, tetapi juga mesin."

    selain valid XHTML, tema Meta Diskripsi dan Keyword juga masih sangat berpengaruh.. saya juga masih mencoba untuk mencari Deskripsi dan Meta Keyword yang tepat untuk blog saya..

    BalasHapus
  24. Great info. I like all your post. I will keep visiting this blog very often. It is good to see you verbalize from the heart and your clarity on this important subject can be easily observed.

    BalasHapus
  25. Wah, infonya bagus sekali... Thanks

    BalasHapus
  26. Satu hal lagi yang saya rasakan adalah bahwa posting artikel sebaiknya jangan terlalu panjang, sebab biasanya jika terlalu panjang, orang akan malas untuk membaca. ini berbeda dengan membaca buku..

    BalasHapus
  27. makasih tips nya langsung saya terapkan di blog saya : http://www.kopisiaga.com

    BalasHapus
  28. makasih ya mas bro.Tips Seo-nya simple dan langsung bisa di praktekkan.salam kenal aja dan kalau ga keberatan tukeran link yuk

    BalasHapus
  29. Sangat bermanfaat apalagi buat saya yang newbie, saya datang berguru kesini gan, makasi ilmunya

    BalasHapus
  30. setelah saya mencari cari di beberapa Wibesite , saya menemukan Artikel yang Bagus dan bermanfaat. Patut di coba, sukses selalu

    BalasHapus
  31. Saya cari dibeberapa website dan dapat tipsnya di website ini, terima kasih, mau dicoba oleh saya.

    BalasHapus
  32. Terima Kasih, Tulisan yang sangat membantu. Salam Sukses!

    BalasHapus
  33. aku paling senang dengan semua pengetahuan ini, terima kasih sudah berbagi ilmu

    BalasHapus
  34. Setelah membaca Info dan Artikel, saya jadi ingin mencoba. Salam Sukses

    BalasHapus
  35. Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

    BalasHapus
  36. Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. terimakasih

    BalasHapus
  37. Artikel yang sangat Innovatif dan banyak Tipsnya. jadi ingin coba. semoga berhasil

    BalasHapus
  38. Tulisan dan Tipsnya sangat bermanfaat dan Infomatif. wajib dicoba. sukses selalu.

    BalasHapus
  39. Tips dan Info menarik, boleh dicoba, Semoga berhasil

    BalasHapus
  40. Setelah membuka Wibesite ini, saya menemukan Artikel yang Amazing dan infonya boleh dicoba. Sukses selalu

    BalasHapus
  41. Saya menemukan Artikel hebat di wibesite ini jadi ingin coba Tipsnya. Semoga berhasil

    BalasHapus
  42. Artikel Menarik terutama Infonya, boleh dicoba. Salam sukses

    BalasHapus
  43. Saya senang setelah membaca Tips dan Artikelnya, harus dicoba.Semoga berhasil

    BalasHapus
  44. Info dan Tulisannya Amazing, boeh dicoba. Sukses selalu

    BalasHapus
  45. Tipsnya sangat Infomatif, wajib dicoba salam sukses

    BalasHapus
  46. Terimakasih Banyak Tips dan Artikelnya, boleh dicoba. Salam sukses

    BalasHapus
  47. Terimakasih Artikelnya bermanfaat dan Infonya menambah Ilmu pengetahuan. Harus dicoba. Semoga berhasil

    BalasHapus
  48. Ilmu yang bermanfaat dan berguna Cuma ada di Wibesite ini, terutama Tips dan Artikelnya. Jadi ingin coba. Salam sukses

    BalasHapus
  49. Saat membaca Artikel dan Tipsnya yang benar benar menarik. Jadi ingin mencoba. Salam sukses selalu

    BalasHapus
  50. Ide cemerlang saya dapat dari Artikel yang di buat di Wibesite ini, Wajib dicoba Tipsnya. Semoga berhasil

    BalasHapus
  51. Wibesite yang menarik di dalamnya banyak Artikel dan Tips yang mengandung Ilmu Pengetahuan, Harus dicoba.Terimakasih

    BalasHapus
  52. Saya senang membaca Info dan Artikel yang di buat di Wibesite ini. Patut dicoba. Salam Sukses selalu.

    BalasHapus
  53. Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

    BalasHapus
  54. Wibesite yang sangat Amazing, Artikel dan Tipsnya boleh dicoba. Semangat !!

    BalasHapus
  55. Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. terimaksih

    BalasHapus
  56. Postingan yang sangat Hebat, Tips boleh dicoba.salam sukses

    BalasHapus
  57. Artikel yang bermanfaat dan berguna, wajib di coba. sukses selalu

    BalasHapus
  58. Ilmu yang sangat Hebat, boleh dicoba Artikel dan Tipsnya. Semoga berhasil

    BalasHapus
  59. Artikel yang benar benar sangat infomantif dan Kreatif. boleh dicoba, sukses selalu

    BalasHapus
  60. Baru kali ini saya membaca Artikel yang sangat membangun. Boleh dicoba

    BalasHapus
  61. Terimakasih Info dan Artikelnya. Wajib dicoba

    BalasHapus
  62. Tipsnya boleh dicoba, Artikelnya sanagt bermanfaat.

    BalasHapus
  63. Terimaksih untuk info yang sangat efektif, boleh dicoba.

    BalasHapus
  64. Terimaksih untuk Info yang sangat Amazing, boleh dicoba.

    BalasHapus
  65. Sangat Amazing Artikel dan Info. Wajib di coba.

    BalasHapus
  66. okehh,,makasih banyak nih,,saya adalah baru di dunia kayak gini jadi masi belkum faham,,sempat carai bagaimana SEO itu,,ternyata sebelum ke SEO harus memperhatikan beberapa hal dulu ya,,dan untuk masuk ke mesin pencari juga harus di daftarkan dulu,,terima aksih buat infony,,

    BalasHapus
  67. Visit back. . .
    Free Backlink
    Biar blog lebih kenceng di mesin pencarian hehe

    BalasHapus
  68. Makasih atas infonya...salam kenal ya gan

    BalasHapus
  69. Nice info gan...
    panduan optimasi blog ku, udah mumet neh..:D

    BalasHapus
  70. oke juga nie info nyua sangat bagus dan sangat menarik nie,,,,,,,

    BalasHapus
  71. Makasih gan info nya. Langsung ane coba nih.

    Pabrik Tas

    BalasHapus
  72. maksih mas atas tips seo kalau mau tanya selai seo apa yang mempengaruhi SERP di google ??

    BalasHapus
  73. keren banget tipsnya neh om

    BalasHapus
  74. Terima Kasih, Tulisan yang sangat membantu. Salam Sukses!

    BalasHapus
  75. Terima kasih atas pencerahannya, tulisannya menarik juga. Saya akan coba

    BalasHapus
  76. cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

    BalasHapus
  77. Tulisan dan Tipsnya sangat bermanfaat dan Infomatif. wajib dicoba. sukses selalu.

    BalasHapus
  78. Tips yang cerdas cuma di Wibesite ini banyak kumpulan Artikel bagus. harus dicoba. salam sukses

    BalasHapus
  79. Amazing artikel, Infonya bagus banyak mengandung Tips dan Pesan yang bermutu. salam sukses

    BalasHapus
  80. nice,, salut deh. berguru dah. mau kan om?

    BalasHapus
  81. nice info...
    http://seablue38.blogspot.com/

    BalasHapus
  82. Wiihh,Bner" artikel yg sngat menarik...
    Makasih bnyak infonya...

    BalasHapus
  83. Sangat bermanfaat. Saya lari ke blog saya dulu. Mau praktek. :D

    BalasHapus
  84. Terimaksih untuk info yang sangat efektif, boleh dicoba.

    BalasHapus
  85. Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

    BalasHapus
  86. Terima Kasih, Tulisan yang sangat membantu. Salam Sukses!

    BalasHapus
  87. Setelah membaca Info dan Artikel, saya jadi ingin mencoba. Salam Sukses

    BalasHapus
  88. Setelah membuka Wibesite ini, saya menemukan Artikel yang Amazing dan infonya boleh dicoba. Sukses selalu

    BalasHapus
  89. Saya menemukan Artikel hebat di wibesite ini jadi ingin coba Tipsnya. Semoga berhasil

    BalasHapus
  90. Artikel Menarik terutama Infonya, boleh dicoba. Salam sukses

    BalasHapus
  91. Saya senang setelah membaca Tips dan Artikelnya, harus dicoba.Semoga berhasil

    BalasHapus
  92. Info dan Tulisannya Amazing, boeh dicoba. Sukses selalu

    BalasHapus
  93. Tipsnya sangat Infomatif, wajib dicoba salam sukses

    BalasHapus
  94. Terimakasih Banyak Tips dan Artikelnya, boleh dicoba. Salam sukses

    BalasHapus
  95. Terimakasih Artikelnya bermanfaat dan Infonya menambah Ilmu pengetahuan. Harus dicoba. Semoga berhasil

    BalasHapus
  96. Ilmu yang bermanfaat dan berguna Cuma ada di Wibesite ini, terutama Tips dan Artikelnya. Jadi ingin coba. Salam sukses

    BalasHapus
  97. Saat membaca Artikel dan Tipsnya yang benar benar menarik. Jadi ingin mencoba. Salam sukses selalu

    BalasHapus
  98. Ide cemerlang saya dapat dari Artikel yang di buat di Wibesite ini, Wajib dicoba Tipsnya. Semoga berhasil

    BalasHapus
  99. Wibesite yang menarik di dalamnya banyak Artikel dan Tips yang mengandung Ilmu Pengetahuan, Harus dicoba.Terimakasih

    BalasHapus
  100. mantap gan infonya buat pemula spt ane. tp ane msh bingung gan bagaimana cara menempatkan meta tag dan merubah markup(maklum msh pemula). klo bisa di posting donk tutorial beserta contohx. thanks bgt!

    BalasHapus
  101. tipsnya sangat menbantu sekali. thanks ya saya akan coba langsung..

    BalasHapus
  102. This is THE BEST TIPS I never read on other blog, thank's for your creative works.

    BalasHapus
  103. Good idea, saya suka artikelnya,sangat membantu newbie kayak ane, thanks bro

    BalasHapus
  104. saya mencba menggunakan model h1 h2, kok g muncul di postingan ya? apakah itu disetting manual di html templatenya bang??

    BalasHapus
  105. Wah Blognya bagus,
    Infonya juga mantaap nih, patut dicoba..

    Nih Saya juga ada trik mendatangkan pengunjung blog dari easyhits4U..

    visit:
    http://www.pranataline.com/2010/06/trik-mendatangkan-pengunjung-blog-dari.html

    BalasHapus
  106. Hello. Nice work. How can I subscribe to your site? cialis to buy

    BalasHapus
  107. Bagus gan infonya, thanks........

    BalasHapus
  108. wah sangat membantu kakak
    coba dulu tips SEO..
    oya kunjungi juga ya blog ku
    http://botil-nyaa.blogspot.com/

    BalasHapus
  109. tipsnya sangat menbantu sekali. thanks ya saya akan coba langsung..

    BalasHapus
  110. thanks gan infonya, dah ane pake di blog tp msh satu aja ke search nya, kira2 jurus maut apa lagi ya gan untuk edit html templatenya?
    sukses selalu!!
    toko-ines
    onlineshop-fashionista

    BalasHapus
  111. makasih ya Om atas artikelnya,,, mudah2an bisa diterapin.. :)

    BalasHapus
  112. Menyejukkan banget baca artikel yang sperti ini..
    Trus semngat berbagi mas..

    BalasHapus
  113. trik seonya mantap brow....lain kali dibaca lagi ah

    BalasHapus
  114. Ya, saya setuju dengan apa yang diutarakan di atas, cuma kalo satu blog digunakan banyak orang mungkin agak sulit mengatur pemostingan, tanggapan Anda?

    BalasHapus
  115. yang Mau ane Tanyain 4 -5 posting gag Boleh lebih .. . dapet sumber dari mana gan ..??
    kalo emang bener pantes blog ane makin sepi :D hehehe

    BalasHapus
  116. saya lagi proyek bikin blog dengan tenik SEO saran agan..
    mudah2an beneran terbukti dah..
    disamping jg saya ngelola blog resmi sesuai interest saya

    BalasHapus
  117. thank info seo se nya gan, ane coba praktekan.:D

    BalasHapus
  118. nice posting sob,,, mau ane coba optimisasi seo nya,,, makasih sharenya sobb,,,

    BalasHapus
  119. Dwijayasblog setuju dengan semua yang dijabarkan di atas. Good job.

    BalasHapus
  120. ternyata tips SEO tu rumit ya..hehe

    BalasHapus
  121. ane beralih pake WP sekarang, cz menurut "saya" blogger agak susah untuk tampilan templatenya atau terlalu ribet..

    tapi lumayan buat nambah wawasan ane..

    thank's ya..

    salam kenal,

    doliph.us

    BalasHapus
  122. sangat membantu, blog saya benar2 parah banget ditulis alamat blognya saja pada pencarian google yang muncul hanya 2 hasil. Kalau blog orang2 kan biasanya muncul semua sampai satu halaman. Terimakasih semoga blog anda dan blog saya jadi lebih bagus

    BalasHapus
  123. satu hal yang salah pada diri saya,, saya belum mengenali tema blog saya,, huufth,,
    terima kasih tips seonya,,

    BalasHapus
  124. informasi yang sangat menarik gan

    BalasHapus
  125. pantesan , blog saya jebol :( pengujung nya nga ada

    BalasHapus
  126. makasih bro atas tulisannya. ini bagus buat belajar, maklum masih newbie.

    BalasHapus
  127. makasih infonya,, msh newbie ni..

    BalasHapus
  128. , semenjak baca-baca artikel OB ini, pemahaman saya tentang blog tambah ok. sungguh suatu keberuntungan dapat ketemu blog yang membantu seperti Agan punya hehhee. mohon doanya supaya blog saya mulai di lirik pembaca hehehhe,

    BalasHapus
  129. tips nya mantap gan, eh iya aku juga pengen difollow nih blognya, agan udah saya follow, trimakasih banget

    BalasHapus
  130. Wah, sarannya banyak sekali tapi sungguh bermanfaat supaya tujuan akhirnya tercapai.

    BalasHapus
  131. Kalau untuk wordpress kira2 spesigikasi optimasinya bagaimana ya ?

    BalasHapus
  132. Sipp.. nice info gan!
    Mo ijin sharing neh. Tips Cepat Dapat Income Yield2Me $20 per hari di blog ane. Sudah terima pembayaran kedua kali hehehe..

    http://transtv-job.blogspot.com/

    BalasHapus
  133. Padahal sy dulu ogah-ogahan terhadap SEO, tapi ternyata, sekali membaca SEO (panduan dari produk affiliasi optimasi seo) ingin langsung mencobanya dan sekarang jadi suka ngutak ngatik kode2 html template blogspot sy wlaupun gak ngerti tentang kode2 html.
    Ketika melihat artikel ini, ternyata apa yang sudah sy lakukan ke dalam blog sy (optimasi seo) tidak salah.

    Bang Odjie
    www.infocariuanginternet.com

    BalasHapus
  134. Makasih gand... Segera saya praktek'an buat optimasi artikel blog saya how mywapblog are you makasih gand :)

    BalasHapus
  135. Gan, apa itu masih berlaku sampe sekarang ?

    BalasHapus
  136. berapa sebenarnya toleransi google untuk posting artikel dalam sehari di blogger.? apakah 5 artikel terlallu banyak?

    BalasHapus
  137. mantaap nie gan...
    langsung ke TKP hehehe

    BalasHapus
  138. thanks ya mas udah share infonya :) bdw google keyword tool itu akurat ya mas? abisnya kemaren coba nembak keyword 'nutrition facts' di google tool itu competitionnya low, pdhl di SERP hasil pencariannya banyak banget gilaaa.

    BalasHapus
  139. Wah, artikel bagus nih.. Thx..

    Mungkin bisa saya coba ke blog saya http://cakrawaladanart.blogspot.com

    BalasHapus
  140. Wah, artikel bagus nih.. Thx..

    Mungkin bisa saya coba ke blog saya http://cakrawaladanart.blogspot.com

    BalasHapus
  141. leNgkap baNget baNg SaNGat membantu, boLeh bertaNya kaLo untuk dalam 1 halaman yg baik itu mncul berapa postinganya bang.
    makasih, berkunjung kalau sempat.

    BalasHapus
  142. wah seneng baca artikel di blog ini banyak info tambahan

    BalasHapus
  143. Bagaimana dengan update google penuin gan? apakah tips tersebut masih bisa diterapkan?

    salam
    VGMC Padang

    BalasHapus
  144. Ane cuman lihat celah di meta title,keyword dan keterkaitan posting aja Gan.apalagi sekarang fitur baru blogspot lebih memudahkan Kita membuat Blog lebih SEO Friendly... contoh: kalau teman2 ketik; mesin stempel warna,mesin stempel, lhat aja Blog ane Indo Stamp menguasai Page 1 Google

    BalasHapus
  145. Terima kasih, walaupun sekarang banyak plugin SEO, tetapi info ini tetap bermanfaat

    BalasHapus
  146. keren gan... tapi itu masih kurang ngerti...

    BalasHapus
  147. nice posting bos.. membantu banget postingannya.. salam SEO sukses selalu

    BalasHapus
  148. really great information here ... two thumbs up and keep update your fantastic blog.

    BalasHapus
  149. ouuwwhhh gini ya gan caranya baru tau maklum masi pemula hehehe.......

    BalasHapus
  150. Mantap gan Infonya,, Salam kenal!!

    BalasHapus