loading...

Tips SEO pada Blogger.com Bagian Kedua

Ok! Kita akan lanjut pada ulasan tentang SEO. Perlu menjadi catatan penting bahwa posting ini merupakan kelanjutan posting sebelumnya. So, jika Anda terlewat untuk membacanya, saya menyediakan link untuk meloncat ke posting Tips Search Engine Optimization (SEO) pada Blogger.com sebelumnya.

Men-submit Blog ke Perkakas Webmaster

Tentu kita tidak asing lagi dengan yang namanya perkakas web. Betul, perkakas webmaster merupakan salah satu layanan google yang memungkinkan kita untuk mengoptimalkan blog agar terindeks dengan baik. Bagaimana caranya dapat anda baca pada posting Submit Sitemap Blogger.com di Google Webmaster Tools dan Solusi Submit Sitemap di Webmaster Tools.

Update (27 September 2012): cara men-submit situs web atau blog di tiga mesin pencari dapat dibaca pada posting Mendaftarkan Situs Web atau Blog ke Google, Yahoo dan Bing.

Link Building

Link building merupakan usaha untuk membangun tautan dengan menggunakan kata-kata yang mengandung keyword & sesuai dengan tema blog. Tautan dengan kata atau frase kata yang mengandung kata kunci berarti memperjelas target tema yang telah ditetapkan, sedangkan sesuai dengan tema dapat berati bahwa tautan-tautan tersebut mempertahankan tradisi kata kunci utama blog dalam search engine. Terkadang kita keliru mengartikan link building sebagai mengumpulkan tautan sebanyak-banyaknya tanpa mengindahkan kualitas dari kata kunci maupun web/blog yang kita beri tautan (sumber tautan).

Berikut merupakan daftar yang seharusnya kita lakukan dalam membangun tautan yang baik.

  • Menautkan kata kunci yang sesuai pada posting satu dengan lainnya dalam blog. Ini sesuai dengan posting tips SEO sebelumnya pada tahapan “Membuat Posting dengan hati SEO”.
  • Kata kunci pada tautan seharusnya menggambarkan dengan jelas tentang apa yang ditautkannya dengan sumber tautan. Dalam bahasa sederhana mungkin dapat dikatakan bahwa kata-kata dalam link menggambarkan sumber link tersebut. Contoh:
    • Jika Anda ingin membaca tentang SEO, silakan kunjungi posting [link]Tips Blogging SEO dalam posting[/link] dan [link]SEO dalam Tautan[/link].
    • Jika Anda ingin membaca tentang SEO, silakan kunjungi posting [link]di sini[/link] dan [link]di sana[/link].
    Berdasarkan contoh di atas, manakah menurut Anda tautan yang lebih ber-kualitas?
  • Sesekali buatlah sedikit ulasan (review) tentang sumber tautan yang berasal dari web/blog lain. Hal tersebut terkadang mendapat respon positif dari sang empu-nya tautan. Coba bayangkan, jika sumber tautan tetrtarik dengan review kita & kemudian membalas dengan tautan yang mengarah ke posting di blog kita. Bukankah hal tersebut lebih positif dibandingkan dengan “meminta” ditautkan?
  • Berkenaan dengan poin di atas, bagaimana web/blog lain akan tahu tentang isi posting kita, jika mereka tidak diberitahu. Banyak cara untuk menuju ke sana, salah satu jalan yang cukup ampuh adalah meninggalkan komentar yang relevan serta memiliki bobot dengan posting yang telah dibaca. Memang tidak akan menimbulkan banyak pengaruh di search engine, tetapi jika komentar kita tersebut berguna, maka secara tidak langsung pemilik web/blog & pengguna lain akan tertarik untuk mengunjungi blog kita.
  • Sebuah blog akan memiliki nilai tersendiri dalam search engine, jika link yang keluar lebih banyak daripada link yang masuk. Dan akan lebih besar lagi nilainya, jika link yang keluar ditaut oleh web/blog yang memiliki kesamaan tema. Jangan pula karena ingin menghindari link yang masuk, maka posting yang seharusnya bersumber pada posting lain, malah tidak mencantumkan tautan sumber tersebut. Ingat! kita telah melakukan repost, sehingga menjadi sebuah keharusan jika kita mencantumkan tautan sumber. Ironisnya lagi, kita telah mencantumkan tautan sumber, tetapi tautan tersebut memiliki properti rel="nofollow". Pernahkan Anda berpikir, seseorang mungkin butuh berhari-hari untuk menyempurnakan postingnya?
  • Mana yang lebih dominan, sebuah tautan yang me-link ke web/blog kita atau me-link ke posting kita? Mari kita diskusikan ini pada kolom komentar.
  • Tautkan blog & posting dengan beberapa blog directory, social network dan social bookmarking. Pembaharuan (04 Desember 2012): Terutama yang memberikan layanan berkualitas dan tidak mengharuskan pranala timbal balik.
  • Jangan lupa, tautkan pula blog & posting ke layanan feed. Tidak jarang narablog menemukan posting yang dia cari pada layanan ini. Untuk Blogger.com dapat menggunakan fasilitas feedburner, silakan membuka kembali posting terdahulu tentang Apa itu RSS FEED dan Cara berlangganan.

Tetaplah memposting dengan hasil karya orisinil Anda

Yah, ini merupakan langkah yang pasti dan akurat. Search engine akan lebih menghargai sebuah karya yang original. Bukan saja mesin saya kira, narablog pun pasti menghargainya. Apalagi karya tersebut memiliki alur yang jelas, mudah untuk dipahami & nyaman untuk dibaca. Tentu, karya yang dimaksud adalah tentang tulisan atau catatan kita di blog. Orisinil bukan berarti melakukan modifikasi kata-kata di sana-sini agar posting yang akan diterbitkan tampak berbeda dengan posting yang kita ‘contek’. Tetapi lebih kepada asal ide. Anda memiliki sebuah ide yang mungkin berbeda, tuangkanlah ide itu dalam suatu bentuk tulisan (posting/artikel).

Saya mempunyai sebuah ide, tapi ide tersebut melenceng dari tema blog saya. Bagaimana sebaiknya?

Wow, sebuah pertanyaan yang sulit. Terus terang saya sendiri mungkin belum/tidak menemukan jawaban yang tepat untuk masalah ini—ada, tetapi hasil meraba-raba. Bagaimana dengan Anda?

216 komentar untuk “Tips SEO pada Blogger.com Bagian Kedua”

  1. Mengamankan pertamaxxx, selanjutnya komentar dan jawaban agan-agan. Sundul, gan!

    BalasHapus
  2. mantap2 neh tips2nya,, tambahin lagi masbro :)

    BalasHapus
  3. Konten tetep nomor satu sih, ibarat on page dan off page cuma sampingan, yang utama tetep konten

    BalasHapus
  4. @Omoh: Saya sependapat dengan agan, memang konten merupakan point utama. Namun dipandang dari segi web design, konten merupakan keseluruhan halaman web/blog dari kepala sampai kaki. :) Mungkin untuk lebih spesifik, kita beranggapan bahwa itu adalah posting. Dapat kita bayangkan jika sebuah web/blog tanpa adanya ‘posting dalam bentuk apa saja’.

    BalasHapus
  5. Saya menemukan Cerita bahwa Onpage itu hanya 30% dan Offpage 70%, menurut akang Gimana? Saya suka dan sudah mendapatkan manfaat Optimasi Blog Onpage yang di ulas di blog ini... Sebelumnya saya mengucapakan terima kasih...

    BalasHapus
  6. @Anak Desa: Saya rasa pendapat bahwa onpage 30% dan offpage 70% terlalu prematur, gan. Prematur di sini dalam artian penerapan SEO dari awal secara murni. Maksudnya, jika kita memiliki web/blog lain atau rekanan memiliki web/blog yang memiliki trafik dan PR tinggi, boleh jadi dengan sukarela memberikan link-nya kepada kita, sehingga inbound link dalam blog kita akan meningkat tajam di mata search engine.
    Tetapi akan berbeda apabila blog yang kita kelola sama sekali dimulai dari 0 (nol)—tanpa ada rekanan dan sebagainya. Suka tidak suka, berarti kita akan berusaha untuk memaksimalkan SEO secara bertahap.

    Jadi menurut saya antara onpage dengan offpage seharusnya berjalan seimbang. Terlebih lagi kalau yang kita kelola hanya sebuah blog, yakni berupa kumpulan catatan di web yang tersusun secara sistematis dari terbaru sampai dengan lebih lama.

    Terima kasih pula atas apresiasi agan terhadap blog ini. :)

    BalasHapus
  7. Saya mau tanya Mas, mana yang lebih baik :
    - kita link-build melalui review postingan situs lain? atau
    - menanam backlink di gadget blog?

    Trims sebelumnya... :D

    BalasHapus
  8. @Dany Joy: Tergantung, gan. Kalau tujuannya sekedar untuk silaturahmi, review melalui postingan lebih bagus. Tapi kalau tujuannya untuk bertukar link dan rekomendasi link, maka di gadget adalah tempat yang tepat—dengan catatan tanpa ada tag-tag kondisional. Seharusnya memang begitu, karena yang kita bicarakan adalah adab, secara otomatis lepas dari SEO.

    Kalau dihubungkan dengan SEO, memasang backlink pada gadget blog akan menimbulkan link yang keluar cukup banyak dibanding dengan review melalui posting. Disamping itu, saya agak sedikit ragu tentang backlink, walaupun sedikit banyak berpengaruh di search engine. Keraguan saya sebatas perkiraan dan sepengetahuan saja, gan. Yakni algoritma (google) sekarang sepertinya lebih diarahkan kepada isi konten yang lebih fresh serta timbul dari suatu ide yang original.

    BalasHapus
  9. Untuk poin rel="nofollow",

    Kebetulan blog saya lebih banyak berhubungan dengan desain grafis dan photoshop, sehingga mau tidak mau saya harus menulis link situs sumber gambar (stock photo) untuk bahan praktek tutorial. Dan kebetulan situs-situs tempat saya mengambil stock photo mempunyai pagerank antar 5 sampai 8. Untuk link situs-situs ini saya selalu menghilangkan rel="nofollow". Tapi lain soal kalau situs tersebut pageranknya rendah (lebih rendah daripada saya), maka saya akan selalu menyertakan rel="nofollow". Mungkin kelihatannya jahat, ngambil gambar kok nggak diberi "vote"? Tapi ya, itu saya lakukan karena memang kualitas situs tersebut secara keseluruhan tidak bagus.

    Jadi kesimpulannya, saya rasa penggunaan rel="nofollow" tetap bisa dipakai untuk link keluar sob. Tergantung kualitas atau pagerank situs/blog referensi.

    BalasHapus
  10. @Leo@Tutorial Photoshop: Saya sependapat untuk suatu kondisi terntentu, rel="nofollow" bisa digunakan dalam optimasi link. Point di atas lebih ditujukan secara spesifik tentang posting/artikel secara keseluruhan, gan. Sedangkan mengambil tautan berupa gambar, penekanannya mungkin lebih kepada kedudukan gambar tersebut, public share atau no public.

    Bukankah jika suatu gambar disebarkan ke publik, mungkin sama artinya gambar tersebut merupakan milik publik. :) Tinggal sejauh mana kita menghargai gambar tersebut—yang nota bene merupakan karya orang lain—menjadi lebih berarti. Apakah dengan lebih mementingkan SEO, maka kita mengorbankan nilai-nilai moral dan adab? Sepertinya tidak demikian.

    BTW: artikel di website Maju Terus punya Mas Leo sangat inspiratif sekali dan sangat mudah diikuti tutorialnya.

    BalasHapus
  11. Makasih mas ndro ilmunya....nambah2 pengetahuan sedikit nih mas ndro...TIANG ANTRIAN bagus nih mas ndro

    BalasHapus
  12. nah yg k 2 ini sdikit faham penjelasana hehe thnx mas

    BalasHapus
  13. @TIANG ANTRIAN, @grosir sprei: Sama-sama kembali kasih, gan. :)

    @katils: Alhamdulillah, kirain tambah mumetnya, gan. :D

    BalasHapus
  14. saya udah baca sob bagian satu dan dua, bnyak membantu saya ketika nyasar kesini,,thnkss

    BalasHapus
  15. @sanusi: Sama-sama, gan

    @KabiBitak: Sama-sama, dangsanak. Kaina ulun bajalanan wadah pian, stok film masih banyak lagi belum ditonton. Banyak jua nang hanyarlah, dangsanak.

    @Kita Sehat: Yah, jelas saja agan kesasar, datangnya tengah malam gitu, tidak bawa alat penerang lagi. :D (just joke)
    Sama-sama, gan. Artikel agan juga sangat inspiratif “Hidup sehat dengan cara yang sehat pula”.

    BalasHapus
  16. Bore neh, wkwkwkwkwk, ada lah skalinya blogger Banjar yang hebat bin harat kaya nyawa,,,,,, tukeran link kena lah By Kabibitak alias laba2

    BalasHapus
  17. Kalo saya terjemahkan kedalam kehidupan nyata itu sama halnya dengan silaturahmi ya kang? Silaturahmi dekat dengan dengan rejeki, begitu pula link building.. (..kira2 begitu..hehe)

    BalasHapus
  18. @KabiBitak: Hujung-hujungnya, di email haja biar tanyaman.

    @Laptop tablets: Tepat sekali, gan. Sebenarnya dengan memperbanyak blog walking (bw) lebih praktis, karena tidak perlu menerapkan tahapan SEO. Dengan catatan tinggalkan jejak dengan bijaksana, yakni melalui komentar yang berbobot.

    @sprei anak: Sama-sama agan.

    BalasHapus
  19. Mantap tips dan petunjuknya gan. Sangat bermanfaat bagi para blogger mania neh.

    BalasHapus
  20. nice info. saya sendiri terkadang memasang sumber dari artikel saya. tapi terkadang saya sering lupa. thanks infone mas.

    BalasHapus
  21. Mas saya ingin tanya, lebih berkualitas mana backlink yang dipasang menggunka robot drpd backlink secara manual? karena klo pake manual kan bisanaya capek masanganya? thanksbefore, hehehe

    BalasHapus
  22. @Prasetyo, @peluang kerja: Terima kasih kembali, gan

    @yufik_inBlog: Kalau lupa sih sudah diluar konteksnya, gan. Asal jangan lupa melulu, hal-hal yang penting terkadang perlu untuk kita buat dokumentasi terlebih dahulu—mungkin melalui notepad atau sejenisnya—dengan mencantumkan sumber tentunya, sehingga jika kita ingin membuat artikel yang memiliki kemiripan, kita tinggal buka dokumennya. :D

    @hipnoterapi: Kalau saya lebih suka yang manual, gan. Sehingga teks jangkar akan mudah kita kustomasi sesuai dengan sumber tautan. Dan lagi lebih bersih dari segala jenis spam atau malware atau sejenisnya, walaupun agak ribet.
    Dulu saya juga pernah memasang halaman untuk bertukar tautan, namun sekarang tidak lagi. Karena tautan dalam halaman tertentu hanya akan berdampak pada halaman tersebut dan kurang SEO. Tidak dengan halaman yang lain. Berbeda apabila kita memasangnya sebagai widget atau gadget. Bukankah lebih baik jika kita saling mengunjungi. Kemudian apabila terdapat satu atau lebih artikel yang membuat kita tertarik untuk melakukan repost di blog kita. Yah, tetntu saja dengan menggunakan bahasa kita sendiri dengan tidak lupa mencantumkan sumber artikel tersebut. Menurut saya aktivitas tersebut lebih baik, gan. Bagaimana dengan tautan lain, rekomendasi atau rekan (teman)? Kita dapat menaruhnya di sidebar, syaratnya asal jumlah tautannya tidak berlebih-lebihan.

    BalasHapus
  23. Ijin Bookmark dulu kawan....
    kuliah-sistem-informasi.blogspot.com

    BalasHapus
  24. Ini bisa sebagai benchmark dlm SEO.

    Apa hubungan Judul WEB dengan Kata Tautan? Judul web yang banyak dengan kata tautan apa harus disamakan?

    BalasHapus
  25. @Studi Luar Negeri: Selama konten WEB ditaut oleh suatu tautan tertentu, jelas menunjukkan hubungan yang signifikan, gan. Maksud saya lebih diarahkan kepada kata jangkar dalam tautan tersebut.

    Contoh:
    Judul: Tips agar blog lebih SEO
    Kata jangkar dalam tautan [a href="…" title="…"]Tips SEO[/a]

    Kata yang diberi huruf tebal adalah kata jangkar. Umumnya kata jangkar (anchor text) akan berhubungan dengan kata kunci, dimana kata kunci sendiri merupakan sasaran yang ingin kita targetkan dalam mesin pencari. Mungkin jawaban ini sekaligus merupakan jawaban pula bagi pertanyaan agan yang kedua. “Tidak harus sama” :D

    BalasHapus
  26. tank tuk tipnnya ,mudah-mudahan bermanfaat bagi sy yang masih belajar blog.

    BalasHapus
  27. bertarung di google dengan blogger gratisan..

    BalasHapus
  28. @WARDED OFF STRESS GAINED THE SUCCESS: Semoga bermanfaat, gan.

    @ON THE SPOT: Selalu ada nilai lebih jika blognya pakai domain dan hosting sendiri, tapi bukan berarti yang gratis tidak memberi nilai apa-apa yang penting keep update posting, gan. :)

    @JASA SEO MURAH: Saya sih tidak ada apa-apanya, gan. Tapi kalau sekedar sharing, insyaAllah bisa—bukan berarti bisa segalanya tentang SEO. Thanks, gan.

    BalasHapus
  29. makasih tipsnya gan,saya masih pemula,semoga bermanfaat buat saya

    BalasHapus
  30. mantap dah tipsnya.. makasiah gan.. sukses !

    BalasHapus
  31. SEO adalah sebuah seni jadi menurut saya style berbeda satu sama lain yang penting prinsip dari robot SE yang harus kita tahu sehingga kita bisa meraih posisi puncak

    BalasHapus
  32. setelah saya mencari cari di beberapa Wibesite , saya menemukan Artikel yang Bagus dan bermanfaat. Patut di coba, sukses selalu

    BalasHapus
  33. Saya cari dibeberapa website dan dapat tipsnya di website ini, terima kasih, mau dicoba oleh saya.

    BalasHapus
  34. Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

    BalasHapus
  35. Makasih atas infonya...salam kenal ya gan

    BalasHapus
  36. Visit back. . .
    Free Backlink
    Biar blog lebih kenceng di mesin pencarian hehe

    BalasHapus
  37. makasih ya buat tipsnya,,saya yang pemula akan berusaha keras buat ikut SEO,,terima kasih dan salam kenal

    BalasHapus
  38. Mantaaaaapppp.....
    Makasih bnyak Tipsnya...!!!!

    BalasHapus
  39. tipsnya bermanfaat banget gan!

    BalasHapus
  40. makasih nih artikelnya cukup keren .

    BalasHapus
  41. Kalau menurut Ane konten itu ibarat vitamin buat menaikkan pagerank... gak salah kalo ada yang bilang : ' contents is the King '

    BalasHapus
  42. postingan yang sangat bermanfaat

    BalasHapus
  43. Kekretaifan menciptakan kata kunci dan poting sangat berpengaruh terhadap sebah seo,, Seperti halnya posting ini...

    Saya sih baru pertama kali ikutan seo susah susah menentang

    BalasHapus
  44. Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

    BalasHapus
  45. Terima Kasih, Tulisan yang sangat membantu. Salam Sukses!

    BalasHapus
  46. Terima kasih atas pencerahannya, tulisannya menarik juga. Saya akan coba

    BalasHapus
  47. aku paling senang dengan semua pengetahuan ini, terima kasih sudah berbagi ilmu

    BalasHapus
  48. Setelah membaca Info dan Artikel, saya jadi ingin mencoba. Salam Sukses

    BalasHapus
  49. Terima kasih atas Artikel dan Info yang selalu menambah wawasan.semoga sukses

    BalasHapus
  50. Terima kasih atas Artikel dan Info yang selalu menambah wawasan.semoga sukses

    BalasHapus
  51. Amazing artikel, Infonya bagus banyak mengandung Tips dan Pesan yang bermutu. salam sukses

    BalasHapus
  52. Tips dan Info menarik, boleh dicoba, Semoga berhasil

    BalasHapus
  53. Setelah membuka Wibesite ini, saya menemukan Artikel yang Amazing dan infonya boleh dicoba. Sukses selalu

    BalasHapus
  54. Saya menemukan Artikel hebat di wibesite ini jadi ingin coba Tipsnya. Semoga berhasil

    BalasHapus
  55. Artikel Menarik terutama Infonya, boleh dicoba. Salam sukses

    BalasHapus
  56. Saya senang setelah membaca Tips dan Artikelnya, harus dicoba.Semoga berhasil

    BalasHapus
  57. Saya senang setelah membaca Tips dan Artikelnya, harus dicoba.Semoga berhasil

    BalasHapus
  58. sebuah pembahasan yg sangat bagus...
    langsung diprktekkan gan, maklum masih pemula...

    oh iya jgn lupa mampir di t4 ane yah gan..

    BalasHapus
  59. Ikutan nyimak....
    Tapi jadi mikir, judul blog ku sama isinya kok gak nyambung ya?... he he he . T_T.

    BalasHapus
  60. Baru kali ini saya membaca Artikel yang sangat membangun. Boleh dicoba

    BalasHapus
  61. Artikel yang benar benar sangat infomantif dan Kreatif. boleh dicoba, sukses selalu

    BalasHapus
  62. Baru kali ini saya membaca Artikel yang sangat membangun. Boleh dicoba

    BalasHapus
  63. Tipsnya boleh dicoba, Artikelnya sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  64. Terimaksih untuk info yang sangat efektif, boleh dicoba.

    BalasHapus
  65. Terimaksih untuk Info yang sangat Amazing, boleh dicoba.

    BalasHapus
  66. Sangat Amazing Artikel dan Info. Wajib di coba.

    BalasHapus
  67. Sebanyak saya membaca Artikel,baru kali ini saya menemukan Artikel yang Amazing. boleh di coba. Terimaksih

    BalasHapus
  68. Wibesite yang sangat Amazing, Artikel dan Tipsnya boleh dicoba. Semangat !!

    BalasHapus
  69. sangat membantu nih infonya
    dicka

    BalasHapus
  70. terimakasih langsung bisa di implementasikan guna menuju website yang lebih baik

    BalasHapus
  71. Thanks for an insightful post. These tips are really helpful. Again thanks for sharing your knowledge with us.Keep up the good work.
    http://www.guantesdevinilo.es/
    Guantes de vinilo

    BalasHapus
  72. mantap gan..
    bisa dicoba nieh..
    thankzz

    BalasHapus
  73. Mantaaappp...
    MAkasih bnyak ilmunya...!!

    BalasHapus
  74. Kalo saya harus bicara tentang kualitas konten, setelah banyak mengunjungi blog yang menawarkan tips dan trik seo, jujur saya mo katakan baru kali ini saya baca konten artikel berkualitas di sebuah blog dengan bahasa yang enak dan mudah di cerna di kepala. ma kasih tips dan sarannya, saya sngat menghargai sebuah ide orisinal di blog ini. sukses akan anda dapatkan di masa depan. keep your blog fresh.

    BalasHapus
  75. thanks info nya mas.... salam sukses yahhh

    BalasHapus
  76. Mungkin harus dari keaslian kontennya sendiri jangan Copas

    BalasHapus
  77. Thank you for the post, I actually learned something from it. Really quality content on this site.

    BalasHapus
  78. Mas atau mbak yg sudah paham ttg seo, khususnya blogspot, saya sebagai newbie mau nanya.
    Sebelum punya blog d blogspot, saya punya blog d wordpress, tpi kemudian banned mgkn karena ada unsur iklan, akhirnya saya pindah ke blogspot deh, baru 1minggu yg lalu...
    Setelah pindah, saya pun mulai optimalisasi seo ala newbie alias sekedarnya seperti meta tag, h1, dan keyword. Saya bc2 tnyta ada juga blog dofollow alias blog kita sendiri tpi isinya link k blog utama.
    Saya pun mencoba membuat dofollow d edublogs.com dan tnyta memakai engine wordpress.
    Blog itu isinya hanyalah rss dr blog utama sayan ga ada meta, ga ada submit url, ga ada berburu back link, pokoknya benar2 blog abal2 lha isinya hanya rss, itupun judul.
    Usianya 3 hari lebih muda dr blog utama saya, pertanyaannya, ketika saya ketik keyword + nama blog saya (coba2 gt) eh kok tuh blog dudul di edublog yg sering muncul??? Blog saya malah ga muncul blas :(
    Sudah sering saya bc bahwa wordpress memang lebih handal, tpi knpa blogspot yg notabenya punya google malah dudul gt sih? Intinya kenapa blogspot begitu lemah untuk terindeks???
    Sumpah frustasi ane, kudu d apain sih blog d blogspot nya :(
    Kalau berkenan bisa d email donk biar saya taw gmna sih karakteristik blogspot ini. Trims sebelumnya

    BalasHapus
  79. Atau blog saya kena yang namanya sandbox? Atau d anggap spam ya? Ah pdhal saya juga berusaha menulis dengan bahasa saya, ada sih yg full copast, itu pun saya kasih sumbernya :( 1 yang miss, mulai daftar blog saya langsung optimasi, ga nunggu ada beberapa posting gt..

    BalasHapus
  80. @goresan online — Jika blog di Blogger.com agan kurang terindeks mungkin salah satu faktornya memang terkait dengan umur blog. Apalagi ditambah dengan banyaknya link keluar yang agan tautkan dengan blog lain. Pun akan lebih berpengaruh apabila menggunakan kata kunci yang serupa. Penilaian akhir terkadang mesin pencari berasumsi bahwa blog agan hanya berupa <dummy blog>. Kalau sudah demikian jelas susah untuk mengindeks halaman blog agan di Blogger.com. Yah, ujung-ujungnya tetap update dan perbanyak posting di blog yang bermesin Blogger.com. Jangan lupa melakukan link back dari blog yang bermesin WP agan ke blog yang bermesin Blogger.com, biar seimbang.

    BalasHapus
  81. blognya bagus banget masuk 20 besar google

    BalasHapus
  82. hemmh,,,masih belom ngerti gan,,yang link building,,hufft,,,,
    tapi terima kasih buat caranya,,saya sudah baca dari ygg pertama,,

    BalasHapus
  83. info lengkap brow...thanks atas artikelnya....

    BalasHapus
  84. sangat berguna sekali

    kunjungi balik ya http://fisciasblog.blogspot.com/

    BalasHapus
  85. Tips dan Info menarik, boleh dicoba, Semoga berhasil

    BalasHapus
  86. Setelah membuka Wibesite ini, saya menemukan Artikel yang Amazing dan infonya boleh dicoba. Sukses selalu

    BalasHapus
  87. Saya menemukan Artikel hebat di wibesite ini jadi ingin coba Tipsnya. Semoga berhasil

    BalasHapus
  88. Artikel Menarik terutama Infonya, boleh dicoba. Salam sukses

    BalasHapus
  89. Saya senang setelah membaca Tips dan Artikelnya, harus dicoba.Semoga berhasil

    BalasHapus
  90. Tipsnya sangat Infomatif, wajib dicoba salam sukses

    BalasHapus
  91. Terimakasih Artikelnya bermanfaat dan Infonya menambah Ilmu pengetahuan. Harus dicoba. Semoga berhasil

    BalasHapus
  92. Ilmu yang bermanfaat dan berguna Cuma ada di Wibesite ini, terutama Tips dan Artikelnya. Jadi ingin coba. Salam sukses

    BalasHapus
  93. setelah saya mencari cari di beberapa Wibesite , saya menemukan Artikel yang Bagus dan bermanfaat. Patut di coba, sukses selalu

    BalasHapus
  94. Saat membaca Artikel dan Tipsnya yang benar benar menarik. Jadi ingin mencoba. Salam sukses selalu

    BalasHapus
  95. Ide cemerlang saya dapat dari Artikel yang di buat di Wibesite ini, Wajib dicoba Tipsnya. Semoga berhasil

    BalasHapus
  96. Wibesite yang menarik di dalamnya banyak Artikel dan Tips yang mengandung Ilmu Pengetahuan, Harus dicoba.Terimakasih

    BalasHapus
  97. Saya senang membaca Info dan Artikel yang di buat di Wibesite ini. Patut dicoba. Salam Sukses selalu.

    BalasHapus
  98. Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

    BalasHapus
  99. Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. terimaksih

    BalasHapus
  100. bro, sy mau tanya tp jgn d tertawain ya.??!! mana yg lbh penting antara trafik dgn pagerank dr suatu blog. n klo bs tlg d share bagaimana caranya meningkatkannya??!! trims!

    BalasHapus
  101. Thanks Kang atas infonya.. bermanfaat banget nie artikel... salam sukses selalu...

    BalasHapus
  102. blog saya ga naik2 niy...halaman 2 trus...kayanya ada yg salah yaaa

    BalasHapus
  103. kalau saya,ngeblog cuma pakai hp !
    Jadi agak banyak kesulitan yang harus dihadapi saat melakukan optimasi blog. Seperti,mengedit template dan submit ke directory atau social bookmark,apalagi kalau ikutan nimbrung di forum.
    Fasilitasnya banyak yang tidak bisa gunakan dengan hanya memakai browser operamini,ucweb dan bolt.

    BalasHapus
  104. Wow.... gw suka blog ini, info nya sangat lengkap dan orisinil... kalo boleh kasih saran, Di bukukan aja mas materi yg ada di sini, soal nya kalo baca di komputer malah bikin pusing sendiri..... tapi harga nya jangan terlalu mahal ya bro, pasti gw beli
    Tks

    BalasHapus
  105. Infonya juga mantaap nih, patut dicoba..

    Nih Saya juga ada trik mendatangkan pengunjung blog dari easyhits4U. Pasti dapat visitor bahkan dari seluruh dunia, Kita bisa pasang iklan teks dan banner juga. Gratis kok..

    visit:
    http://www.pranataline.com/2010/06/trik-mendatangkan-pengunjung-blog-dari.html

    BalasHapus
  106. mksh infonya. . .
    dpt ilmu baru dech. . .

    BalasHapus
  107. Wow… This is great! I can say that this is the first time I visited the site and I found out that this blog is interesting to read. Thanks for this awesome monitor.

    BalasHapus
  108. a little extra if the article had to SEO as well? Like here: http://anovianto.blogspot.com

    BalasHapus
  109. Pertanyaan di akhir tulisan.... Sama seperti yang saya bingungkan!! hahahaa

    BalasHapus
  110. Bagaimana dengan blog yang berisi konten yang didapat dari sumber lain. Namun konter tersebut di review terlebih dahulu baru kemudia di reupload dan di posting di blog kita. Kira-kira apa tanggapan saudara?

    BalasHapus
  111. Dimana-mana yang saya temukan mengenai teknik SEO adalah pentingnya Backlink. Tapi kalau link ditanamkan ke sebuah website / blog yang kurang berkualitas, saya pikir malah bisa menjadi masalah. Jadi kalau bisa sih masih menurut saya kalau mau tanam backlink pilih-pilih situsnya ya. Seperti di situs ini hehe titip link ya bos -- free Download templates toko online

    BalasHapus
  112. kunjungan persahabatan.. sambil baca-baca.
    artikel yang menarik
    thank's ya and salam kenal aja buat adminnya

    BalasHapus
  113. @Omoh bener mas, seperti kata pepatah, Konten adalah Raja

    BalasHapus
  114. ini nih yang gue cari, bookmarkkkkkkkk!!!!!

    BalasHapus
  115. Sepertinya tips ini juga berlaku untuk Wordpress.. Ok, sy coba dulu sob.. :)

    BalasHapus
  116. info yang sangat bermanfaaat sekali terima kasih...

    BalasHapus
  117. Thanks Kang atas infonya.. bermanfaat banget bagi ane ''

    BalasHapus
  118. mantabs gan tipsnya,, makasih bnyak,, sangat membantu saya,,

    BalasHapus
  119. terima kasih mas infonya, sangat lengkap dan berguna sekali...

    BalasHapus
  120. Saya baru belajar membuat blog seputar "Guru Indonesia". Perjalanan masih panjang tapi tipsnya sangat membantu. Trims

    BalasHapus
  121. artikel unik menjadi kuncinya yah gan?
    tips yang bermanfaat. thx gan. Sukses selalu.

    BalasHapus
  122. Nambah lagi ilmu tentang SEO nih. Thanks gan sharenya, keep post

    BalasHapus
  123. Hi All,

    This is great post, and I’m glad to see you sharing it with your readers.

    Thanks,

    seo outsourcing

    BalasHapus
  124. yah kirain blog ini dofollow tapi sip deh aku juga pakai link building

    BalasHapus
  125. oh ya, saya mau baca yg cara buat amplop css itu berat banget bukanya. jadiny komen ke sini deh. hehhehe

    sama melenceng nih jawaban artikel di atas. heheh

    maklum lah.


    salam kenal

    BalasHapus
  126. bener bener padat,relevan,dan sangat inspiratif sekali..jujur saya sangat banyak mendapatkan informasi seo dari blog ini,di tunggu tips dan trik lain nya ya mas...master blogging deh,salut salut salut

    BalasHapus
  127. sebagai pemula seperti saya, informaso ini sangat berharga sekali bagi saya.

    BalasHapus
  128. blog walking gan..kunjungi blog saya juga ya..

    BalasHapus
  129. makasih banyak infonya gan... : )
    mau langsung terjun mraktekin nih...

    BalasHapus
  130. ok semakin mengerti nih tentang seonya,thanks yah dah berbagi.lam kenal

    BalasHapus
  131. The post is handsomely written. I have bookmarked you for keeping abreast with your new posts.
    Get Facebook Fans
    Get YouTube Likes
    How To Get Twitter Followers

    BalasHapus
  132. makasih atas pengetahuannya,
    ini baru bagi saya

    BalasHapus
  133. seo yang baru bagi pemula sperti saya... thnks yaaa..

    BalasHapus
  134. terima kasih banyak atas bantuannya dalam memperbaiki blog saya

    BalasHapus
  135. khusus feedburner, saya masih bingung untuk mengubah pengturannya di dasbor, karena sering error saat saya pasang diblog. terpaksa saya kembali ke rss default blogspot. ada gak ya postingannya ttg pengaturan rss feedburner tsb. Trims.

    BalasHapus
  136. sedikit -sedikit saya jadi punya gambaran.. tapi banyak gak maksudnya, mengingat saya newbie.. mungkin lain kali saya tanyakan kepada para senior beberapa istilah yang asing di telinga saya. yang pasti terimakasih atas postingannya... ilmu baru adalah berguna sekali buat saya..

    BalasHapus
  137. Optimasi blog, mantap nih, salam kenal persahabatan

    BalasHapus
  138. terimaksih atas informasinya berguna banget bagi aku yang berbisnis online
    terimakasih sekali lagi
    titip link yah

    BalasHapus
  139. Terimakasih ini sangat menambah ilmu saya gan :D

    BalasHapus
  140. wah bagus juga infonya nih tentang blogging...terus klo mau d urutan pertama google gmana caranya
    http://mathematikaisfun.blogspot.com/

    BalasHapus
  141. wah, tipsnya bagus om..
    pas buat yg baru2 blajar seo kyk saya ini..
    :D

    BalasHapus
  142. Info Seo yang membantu saya dalam bloging... tetapi pertanyaan saya, bagaimanakah cara agar kita tetap dapat bertahan di posisi serp google yang semakin lama semakin kompetitif dalam persaingannya?
    Mohon bimbingannya...

    Artikel tentang hal-hal yang dapat menenangkan hati silahkan kunjungi link berikut:
    Wisata Nusantara Indonesia

    BalasHapus
  143. @Wisata Nusantara Indonesia — Tidak ada alternatif lain kecuali tetap rajin posting, gan dan meninggalkan komentar yang berkualitas (blog walking) menjadi nilai tambah tersendiri.

    BalasHapus
  144. secara bertahap bakal saya terapin saran2 min. ohy, cara bikin image kayak disamping kotak komen ini gimana min?? share donk.

    BalasHapus
  145. saya mau tanya mas,,bedakan backlink yang berkualitas dan yang tidak itu gimana caranya?

    BalasHapus
  146. Seo lagi gan... emang butuh banget ni info buat ane yang baru bloging.... hheheehehe,.,,, makasih gan...

    Silahkan kunjungi blog ane gan, ane masih baru di bloging, mohon bantuannya:
    23je Blog
    Antara Blogspot vs Wordpress

    BalasHapus
  147. yes thx sob infonya,

    Salam dari
    http://www.dhanjeung.com

    BalasHapus
  148. link building apaan yah mas???
    saya mau nerapin link building,tapi saya gak tau musti gimana...soalnya setiap saya buka website tentang tutor seo,link building emang penting

    BalasHapus
  149. @aris asmara

    setau ane juga gitu gan... makin banyak link dari post yang keluar, jadinya blog kita dianggapblog kopas.. tapi tau deh kalo udah update aturannya... :)

    BalasHapus
  150. makasih atas pengetahuannya,
    ini baru bagi saya

    BalasHapus
  151. Mantap pak boss. jadi tau banyak dari blog ini.

    BalasHapus
  152. Terima kasih atas Tips and trick-nya

    BalasHapus
  153. Thanks for the sharing...
    Mantap..akan dipraktekkan.

    BalasHapus
  154. informasi yang sangat bermanfaat. Sebagai newbie di bidang ngeblog, ane sangat butuh informasi semacam ini. terima kasih mas.

    BalasHapus
  155. Makasih mas bro informasinya, bagus banget....maklum baru belajar SEO, langsung praktekin........

    BalasHapus
  156. gan blognya keren dan postingannya juga mantap semua, salut sama adgan dan semoga tambah rame dan tambah teman serta tambah rejek aminn

    BalasHapus
  157. Waww.,., keren Sob.,., makasih infonya.,.,

    Salam.,,

    BalasHapus
  158. Memang google atau pun manusia akan lebih menghargai suatu karya pribadi gan....

    BalasHapus
  159. Pertanyaan: Mana yang lebih dominan, sebuah tautan yang me-link ke web/blog kita atau me-link ke artikel kita? Mari kita diskusikan ini pada kolom komentar.

    Mencoba menjawab: Menurut saya, jika blog kita belum berumur, sebaiknya menautkan ke blog (homepage), dan sebaliknya, jika blognya sudah berumur, baru lah menautkan ke artikel :)

    =======================

    Pertanyaan: Saya mempunyai sebuah ide, tapi ide tersebut melenceng dari tema blog saya. Bagaimana sebaiknya?

    Mencoba menjawab: Kalau begitu, tuangkan saja idenya di forum-forum dengan kategori yang sesuai dengan ide yg ingin dituangkan itu :)

    BalasHapus
  160. alexa ranking blog sy masih rendah lg..

    BalasHapus
  161. terimakasih tipsnya mudah2 an setelah saya terapkan ,posisi blog saya bisa naik ,sukses untuk anda yan gan, blognya keren dan seo bangetttt

    BalasHapus
  162. wahhh makasih mimin optimasi-blog.blogspot.com

    tips2 nya emang ampuh di blogku yang pertama semoga yang kedua juga ampuhh

    makasihh......

    BalasHapus
  163. hai, nama saya ilawati pristiani, salam kenal ya!
    akan saya coba gan,
    Thanks..

    BalasHapus
  164. Malam sob,,, Sebagai blogger pemulan sangat bermanfaat sekali buat ane. Salam sukses selalu sob :)

    BalasHapus
  165. ternyata gitu cara SEO di blogger. baru tau ane,pantesan pke blogger dulu nggak bnyk visitornya.

    mampir jg di blog Grosir Jilbab Murah | Jilbab Cantik punya ane gan. nice info

    BalasHapus
  166. yang menjadi masalah bagi saya adalah rasa malas, malas buat daftarnya hehehe.

    apalagi blog directory banyak banget jumlahnya...

    BalasHapus
  167. tips yang menarik sekali,
    siap coba.. maksih sebelumnya

    BalasHapus
  168. keren nih tips2 nya.. sangat membantu :)

    BalasHapus
  169. paling enak kalau punya duit ya gan , tinggal pasang backlink di orang

    BalasHapus